*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Jul 2021
Sumber gambar : Harvard University
Sumber gambar : Harvard University

Ekonomi, pada intinya, adalah studi tentang manusia yang berusaha menjelaskan apa yang mendorong perilaku, keputusan, dan reaksi manusia ketika menghadapi kesulitan atau kesuksesan.Sebagai jurusan, ekonomi adalah disiplin ilmu yang menggabungkan politik, sosiologi, psikologi dan sejarah. Ketika kamu mempelajari ekonomi, kamu akan memperoleh seperangkat keterampilan, pendekatan, dan cara berpikir yang dapat kamu terapkan pada berbagai masalah. Ekonomi adalah salah satu disiplin utama yang mendukung studi bisnis, manajemen dan kebijakan publik.

Ada berbagai bidang ekonomi yang berbeda yang dapat kamu jelajahi atau kuasai di perguruan tinggi. Beberapa bidang ini adalah:

Ekonomi pembangunan - berfokus pada proses pembangunan di negara-negara berpenghasilan rendah
Ekonomi bisnis - penerapan teori dan metodologi ekonomi untuk bisnis
Ekonomi lingkungan - menyangkut dampak ekonomi dari kebijakan lingkungan
Makroekonomi - mencakup faktor ekonomi skala besar.

Mau masuk jurusan ini namun ragu? Tak perlu khawatir, ini dia 5 alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan jurusan ekonomi sebagai pilihan pendidikan tinggimu!

Jendela Dunia

Ekonomi adalah jantung dari banyak masalah sosial yang dihadapi dunia, termasuk pengangguran, inflasi, kemiskinan, polusi, perawatan kesehatan, hak asasi manusia, dan ketidaksetaraan gender dan ras. Semua hal ini akan muncul ketika kamu mempelajari ekonomi di jenjang pendidikan tinggi. Kamu akan memiliki pandangan jernih tentang bagaimana dunia terbentuk dengan segala kesulitannya di berbagai sektor. Dengan pemahaman luas di bidang ini, kemudian, kamu dapat menggunakan pengetahuanmu untuk merubah dunia menjadi lebih baik ketika kamu berhasil mengentaskan permasalahan-permasalahan dunia itu sedikit demi sedikit.

Jurusan yang Praktikal

Jurusan ekonomi menawarkan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan simulasi komputer, eksperimen ekonomi, membuat halaman web ekonomi, dan berpartisipasi dalam proyek penelitian kerja lapangan. Misalnya, dalam mata kuliah Analisis Kebijakan Ekonomi, mahasiswanya mungkib terlibat dalam proyek yang diawasi fakultas untuk mengukur dampak ekonomi yang muncul pada ekonomi lokal. Dalam kelas lain, mahasiswanya mungkin terlibat dalam proyek penelitian yang diawasi fakultas tentang hasil pasar tenaga kerja. Dalam kursus lain, mereka akan membuat halaman web pada proyek penelitian tertentu. Dalam semua kasus kelas barusan, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menerapkan apa yang kamu pelajari dan kamu akan mendapatkan pengalaman penelitian yang berharga dalam desain penelitian, pengumpulan dan analisis data, dan keterampilan komputer.

Starter S2

Jurusan ekonomi dapat menjadi pelengkap yang berharga bagi kebanyakan jurusan lainnya. Luasnya dan fleksibilitas jurusan ekonomi dapat menjadi langkah yang sangat berharga bagi mereka untuk melakukan diversifikasi ketika dipasangkan dengan jurusan bisnis yang lebih spesifik seperti akuntansi, pemasaran, keuangan, atau sistem informasi komputer, dan terlebih lagi jika dipasangkan dengan non-bisnis. jurusan seperti ilmu komputer, manajemen kesehatan, jurnalisme, ilmu lingkungan, ilmu bangunan, atau desain. Jurusan ekonomi bagus untuk menjadi starter sebelum terjun ke pendidikan lanjutan di bidang lain yang bersangkutan atau bahkan sangat berbeda sama sekali. Pada saat yang sama, jurusan ini juga cocok untuk dipasangkan dalam double degree.

Prospek Kerja yang Luas

Gelar di bidang ekonomi sangat dihormati oleh pengusaha. Kamu akan memperoleh pengetahuan yang kuat tentang bagaimana dunia bekerja dan berbagai keterampilan yang sangat dapat ditransfer yang dicari oleh berbagai industri dan pengusaha. Contoh pekerjaan yang bisa kamu kejar antara lain: Makelar saham, Ekonom, Analis data, Akuntan, Ahli statistik, Analis riset pasar, Konsultan ekonomi, Manajer pengembangan bisnis, Ilmuwan data, Konsultan manajemen sampai Analis Kredit.

Sukses Jangka Panjang

Tidak peduli apa masa depan, jurusan ekonomi mampu membantu lulusannya sukses. Memahami bagaimana keputusan dibuat, bagaimana pasar bekerja, bagaimana aturan memengaruhi hasil, dan bagaimana kekuatan ekonomi mendorong sistem sosial akan membekali mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik dan memecahkan lebih banyak masalah. Ini berarti kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan. Dan, meskipun jurusan ekonomi menikmati gaji awal yang relatif tinggi, indikator kunci dari nilai jurusan ekonomi adalah kesuksesan jangka panjang dan pendapatan seumur hidup. Sebuah studi baru-baru ini menemukan penghasilan seumur hidup dari jurusan ekonomi melebihi jurusan bisnis lainnya, jurusan ilmu sosial, dan bahkan jurusan teknik umum.