*/?>

4 Jurusan Kuliah yang Paling Cocok Untuk Penulis

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Aug 2021
Sumber gambar : the jakarta post
Sumber gambar : the jakarta post

Meneruskan hobi sebagai calon profesi di masa depan adalah pilihan hidup beberapa orang, salah satunya hobi menulis. Beberapa orang berangan-angan agar beban kerjanya jadi menyenangkan karena mengikuti 'apa yang dimaui hati', agar 'tiap hari bisa menulis dan tidak dikekang untuk melakukan hal lain selain menulis'.

Jika pilihan ini yang juga kamu ambil, para calon penulis, mari mampir untuk lihat jurusan pendidikan tinggi mana yang paling cocok untukmu agar kemudian bisa berkarir di bidang tersebut. Dipilih berdasarkan yang dirasa paling dekat dengan dunia tulis, berikut 4 jurusan yang paling cocok untuk kamu yang hobi menulis!

Penyiaran (Broadcasting)

Jurusan broadcasting akan mengajarkanmu proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa. Maka dari itu, kemampuanmu mengimajinasikan serta menuliskan ide-ide brilian untuk acara-acara TV atau radio yang menarik akan terus diasah!. Di jurusan ini kamu akan belajar menjadi crew kreatif di belakang layar maupun yang tampil di depan kamera. Apa pun pilihanmu, kemampuan menulismu akan dikembangkan dalam bentuk penulisan skrip acara atau bentuk-bentuk lainnya!

Sastra

Tak selalu soal mengamati puisi atau prosa yang diciptakan sastrawan lain, pada akhirnya, kamu juga akan diberi kesempatan menciptakan karyamu sendiri! Apalagi, dengan berdekatan dengan banyak karya buatan para 'ahli' kepekaanmu dalam menciptakan dan menuangkan rasa pada apa yang akan kamu tulis akan terus berkembang! Jurusan sastra akan cocok untuk kamu yang mengagumi keindahan bahasa!

Film

Singkatnya, scriptwriter; salah satu peran penting di dunia per-film-an yang diisi para penulis imajinatif, yang jago membayangkan bagaimana sebuah adegan dapat diperankan dengan baik. Lalu juga soal ketelitian dan detail agar film saling terkait tiap bagiannya. Di penghujung, seorang yang sudah piawai mengisi peran scriptwriter juga dapat mengisi posisi sutradara sebab keahlian 'imagining' mereka yang sudah tidak diragukan.

Ilmu Komunikasi

Pesan bisa berupa verbal maupun non-verbal dan jurusan komunikasi akan melatih keduanya. Jika suka menulis, maka selalu akan ada kesempatan untuk menciptakan banyak konten tulisan selama kuliah. Ditambah lagi, Ilmu Komunikasi biasanya berdekatan dengan dunia content writing atau copywriting. Kemampuan tulismu bukan soal imajinatif saja namun soal menjadikan tulisan alat persuasif komersial.