*/?>

5 Negara Unggul untuk Tujuan Studi Ilmu Komputer

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Aug 2021
Sumber gambar : domain of science
Sumber gambar : domain of science

Meskipun covid-19 membatasi gerak, bukan berarti cita-cita belajar di universitas luar negeri boleh berhenti begitu saja. Nyatanya, biaya kuliah bisa jauh lebih murah jika kelas dilakukan online tanpa perlu meninggalkan negara asal. Dengan berbagai kesempatan ini pula, kamu juga tak boleh mengubur impianmu belajar di universitas impianmu di negara manapun ia berada!

Nah, pada kesempatan kali ini, kuliahdimana.id akan membagikanmu 5 negara tujuan studi khusus jurusan ilmu komputer yang paling populer dan terbaik! Di mana saja kah letak universitas-universitas ini? Yuk simak sama-sama!

United Kingdom

Industri di Inggris didominasi oleh komputer dan otomatisasi, sehingga memberikan bidang praktik yang sangat baik bagi mahasiswa internasional jurusan Ilmu Komputer

Inggris juga memiliki jajaran universitas terkemuka yang menawarkan pendidikan kelas dunia. Peringkat pertama secara global di bidang Ilmu Komputer adalah Universitas Oxford. Universitas tertua di dunia ini adalah penyedia program Ilmu Komputer modern dan berbasis penelitian yang menarik mahasiswa di seluruh dunia. Universitas lain di Inggris yang layak dipertimbangkan adalah University of Cambridge, universitas berusia 800 tahun yang lebih dari mampu memenuhi tuntutan dunia modern melalui pendidikan dan penelitian. Sementara itu, Imperial College London, yang berafiliasi dengan beberapa peraih Nobel, adalah universitas lain yang sangat direkomendasikan di Inggris untuk pendidikan berbasis sainsnya.

United States

Amerika Serikat adalah salah satu kontributor utama keberhasilan Ilmu Komputer sebagai bidang independen. Mempertimbangkan ini, Amerika Serikat menjadi salah satu tujuan utama untuk gelar Ilmu Komputer di kalangan siswa internasional.

Selain paparan dan pembelajaran yang tak ternilai, A.S. juga merupakan rumah bagi para pemain global teratas dalam Ilmu Komputer. Massachusetts Institute of Technology secara singkat disebut sebagai MIT, adalah salah satu universitas terbaik di negara itu. MIT adalah produsen lulusan terbaik dalam Ilmu Komputer, siap untuk membuat sistem komputasi untuk memecahkan masalah dunia nyata di berbagai bidang seperti Teknik, Kedokteran, dan Bioteknologi. Ada juga Universitas Carnegie Mellon. Programnya memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian seperti robotika dan interaksi manusia-komputer. Universitas Stanford secara konsisten menempati peringkat tinggi dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas. Saat meneliti bidang dasar, departemen Ilmu Komputernya juga menekankan disiplin terkait seperti Kedokteran, Konstruksi, Linguistik, Genetika, dan Kimia.

Switzerland

Ada berbagai alasan mengapa Swiss adalah salah satu tujuan terbaik untuk gelar Ilmu Komputer. Sekolah-sekolah terbaik di negara ini memberikan pendidikan berkualitas tinggi dibarengi fasilitas berkualitas tinggi dan anggota fakultas yang terlatih secara internasional. ETH Zurich adalah universitas terkemuka di Switzerland dengan sejarah yang kaya dalam mengembangkan sistem komputer dan perangkat lunak. Pilihan unggulan lainnya untuk mahasiswa internasional adalah Cole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) dan University of Zurich.

Swiss juga merupakan salah satu negara dengan biaya kuliah termurah di Eropa. Dengan lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk pendidikan, mahasiswa internasional dapat membelanjakan lebih banyak untuk hal-hal lain, seperti bepergian atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Negara bagian ini juga memiliki kebangsaan yang berbeda dan memberikan kesempatan unik bagi mahasiswa internasional untuk belajar bahasa kedua seperti Jerman, Italia, atau Prancis.

Singapore

Singapura, negara kota kecil namun kuat di Asia, adalah salah satu tujuan utama bagi siswa internasional. Meskipun ada banyak program dari berbagai bidang untuk dipilih, Ilmu Komputer adalah salah satu penawaran terbaiknya. Dua universitas menonjol, yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University. Kedua universitas tersebut diakui di seluruh dunia atas kontribusi pendidikan dan penelitiannya yang unggul.

Alasan lain yang membuat Singapura menjadi pilihan utama untuk belajar di luar negeri adalah biaya kuliahnya yang rendah dibandingkan dengan beberapa universitas Eropa dan Amerika. Bahasa Inggris sebagian besar digunakan di negara ini, dan perpaduan budaya yang berbeda di Singapura merupakan surga bagi mahasiswa internasional untuk beradaptasi dan melihat luasnya dunia dari sisi baru.

China

Sebagai negara berkembang di Asia, Cina baru-baru ini telah membuat perkembangan pesat di banyak industri, khususnya teknologi berbantuan komputer. Dari perspektif ini, mahasiswa internasional bisa memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengeksplorasi spesialisasi yang mereka pilih dalam Ilmu Komputer.

Selain itu, Cina memiliki beberapa universitas terbaik di dunia yang menawarkan program Ilmu Komputer. Di antaranya adalah Universitas Tsinghua dan Universitas Peking, yang bersaing dengan universitas papan atas di dunia Barat. Hal ini juga didukung oleh biaya kuliah yang relatif rendah, beasiswa, dan kesempatan unik untuk mempelajari budaya dan bahasa Cina, Cina menjadi salah satu negara terbaik untuk belajar gelar di bidang Ilmu Komputer.