*/?>

Cek Lolos Kartu Prakerja Pakai 2 Cara Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Aug 2021
Sumber gambar : kartu prakerja
Sumber gambar : kartu prakerja

Hai kamu yang beberapa hari lalu sudah mendaftarkan untuk ikut program kartu pra-kerja gelombang 18, kini saatnya untukmu mulai mengecek apakah kamu lolos seleksinya? Ada beberapa tahap yang mesti kamu lakukan, ada yang cepat dan juga ada yang lebih panjang langkahnya. Yuk simak keduanya!

Intermezzo: Tahu kah kamu? Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Loisa Tuhatu mengatakan bahwa jumlah kuota gelombang 18 kali ini ada sebanyak 800 ribu orang. Angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata kuota pada pendaftaran di awal semester I 2021 yang hanya 600 ribu orang.

Cek Lolos Seleksi Kartu PraKerja Lewat SMS

Cara ini instan. Kamu hanya perlu menunggu SMS masuk saja. Pihak penyelenggara prakerja akan menghubungimu melalui nomor telepon yang kamu bubuhkan saat pendaftaran. Pastikan nomor telepon tersebut aktif dan diisikan pulsa, ya!

Cek Lolos Seleksi Kartu Prakerja Lewat Situs

  • Kunjungi www.prakerja.go.id
  • Lakukan login dengan masukkan e-mail dan password yang digunakan saat mendaftar
  • Masuk ke Dashboard

Pada laman Dashboard mereka yang lolos, akan ada informasi nomor kartu prakerja gelombang 18 disertai status saldo bantuan dana sebesar 1 juta rupiah untuk pemberian dana pertama diikuti 2,4 juta rupiah pasca pelatihan (dibagi dalam 4 kali pemberian sebesar 600 ribu rupiah) dan 150 ribu rupiah untuk insentif pengisian survei. Jika ditotal, saldo insentif yang akan diterima peserta total sebesar Rp3,55 juta.

Nah, jika kamu bertanya, 'apa sih kriteria lolos seleksi program prakerja?', jawabannya adalah: Mereka yang mendapatkan insentif adalah mereka yang benar-benar kesulitan mencari kerja dan kehidupan finansialnya terpuruk karena covid-19. Lalu, hanya boleh ada 2 anggota keluarga yang mendapatkan bantuan ini sehingga kalau ada 3 anggota keluarga yang mendaftarkan diri, jangan bingung kenapa yang lain dapat tetapi kamu tidak!

Yuk segera cek apakah kamu mendapatkan insentifnya!