*/?>

5 Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Prospek Karir Terbaik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Aug 2021
Sumber gambar : young&t
Sumber gambar : young&t

Tim 'learning by doing' alias anak SMK biasanya sering dianggap kurang bergengsi dibandingkan anak SMA padahal mereka juga bisa sangat sukses di jurusan yang mereka ambil di bangku kuliah. Sebabnya, anak SMK sudah biasa belajar hal-hal praktikal sedangkan anak SMA hanya penuh teori saja. Itu artinya, ketika diterjunkan ke dunia pendidikan tinggi bahkan dunia kerja, anak-anak SMK ini akan lebih bisa menerapkan keahlian mereka pada hal-hal riil.

Dan bagi kamu lulusan SMK yang berniat melanjutkan studi ke bangku kuliah, ada beberapa jurusan yang bisa dianggap paling cocok dan paling mendalam untukmu memperdalam hal-hal yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Jurusan apa saja sih yang paling 'recommended' dan berpeluang untuk menyukseskanmu di masa depan? Yuk intip di sini! 

Teknik Mesin

teknik mesin

Teknik mesin adalah studi, desain, pengembangan, konstruksi, pengujian sensor, perangkat mekanik dan termal, termasuk alat, mesin, dan mesin. Karir teknik mesin berpusat pada penciptaan teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Mata kuliah teknik mesin meliputi teknik mobil, teknik manufaktur, teknik pembangkit listrik, teknik termal, dan teknik mekatronik, yang merupakan kombinasi dari teknik listrik, komputer, dan mesin.

Lulusan jurusan ini umumnya bekerja di kantor tetapi kadang-kadang dipanggil ke lapangan, mengunjungi tempat kerja ketika masalah atau peralatan membutuhkan perhatian pribadi mereka, dan untuk mengawasi elemen konstruksi. Sebagian besar bekerja di layanan teknik, penelitian dan pengembangan, dan manufaktur.

Penyiaran

penyiaran

Jurusan Penyiaran memiliki dua komponen utama, jurnalisme dan produksi. Hal ini tercermin dalam pilihan pendidikan untuk jurusan penyiaran; mahasiswanya bisa mendapatkan gelar sarjana baik dalam jurnalisme siaran atau produksi televisi dan radio. Program berbasis jurnalisme sebagian besar berfokus pada pengumpulan dan pelaporan berita, sementara program berbasis produksi lebih menekankan pada aspek teknis produksi berita dan jenis siaran radio dan televisi lainnya.

Jurusan ini akan mempersiapkan lulusannya untuk menjadi jurnalis siaran profesional, editor, produser, sutradara, dan manajer. Termasuk instruksi dalam prinsip-prinsip teknologi siaran; pelaporan siaran; prosedur dan teknik di dalam dan di luar kamera dan mikrofon; penyuntingan program, suara, dan video/film; desain dan produksi program; hukum dan kebijakan media; serta standar dan etika profesi.

Teknik Elektro

teknik elektro

Teknik elektro adalah disiplin ilmu teknik yang berkaitan dengan studi, desain dan penerapan peralatan, perangkat dan sistem yang menggunakan listrik, elektronik, dan elektromagnetisme.

Lulusannya akan piawai merancang, mengembangkan, menguji dan mengawasi pembuatan peralatan listrik, seperti motor listrik, radar dan sistem navigasi, sistem komunikasi dan peralatan pembangkit listrik. Mereka juga akan merancang dan mengembangkan peralatan elektronik, seperti sistem siaran dan komunikasi — dari pemutar musik portabel hingga sistem penentuan posisi global (GPS). Mereka biasanya menggunakan komponen dasar seperti konduktor, kumparan, magnet, baterai, sakelar, resistor, kapasitor, induktor, dioda, dan transistor. Hampir semua perangkat listrik dan elektronik, dari generator di pembangkit listrik hingga mikroprosesor di telepon kita hari ini, menggunakan beberapa komponen dasar ini.

Administrasi Bisnis

administrasi bisnis

Jurusan administrasi bisnis mempelajari mekanisme bisnis melalui kelas dasar seperti keuangan, akuntansi dan pemasaran dan mempelajari topik yang lebih khusus. Mahasiswanya akan menemukan cara untuk memecahkan masalah menggunakan data, dan mereka mengembangkan keterampilan komunikasi dan manajerial.

Kurikulum administrasi bisnis dirancang untuk mempersiapkan lulusannya dengan pengetahuan perencanaan strategis untuk menciptakan nilai organisasi sembari menguasai prinsip-prinsip keuangan. Selain itu, lulusannya akan memahami bagaimana cara efektif memimpin proyek di semua bidang bisnis. Dengan mempelajari teori bisnis dan mempelajari praktik bisnis terbaik, jurusan administrasi bisnis ini dapat mengembangkan keahlian penting, seperti mengetahui cara menganalisis masalah dengan menggunakan dan menerapkan data. Pengusaha dari banyak industri mencari berbagai keterampilan pengolahan data ini.

Ilmu Komputer

ilmu komputer

Mahasiswa di jurusan ilmu komputer memasuki dunia teknologi yang dinamis, mempelajari topik-topik seperti kecerdasan buatan, desain perangkat lunak, dan grafik komputer. Mereka harus mempelajari kalkulus kursus matematika lain yang relevan termasuk statistik dan aljabar linier. Kelas pengantar ilmu komputer mencakup topik-topik seperti desain algoritma, organisasi komputer, dan tipe data abstrak. Setelah mahasiswanya mengembangkan dasar yang kuat di jurusan ini, mereka dapat melanjutkan ke kursus yang lebih rumit terkait dengan visualisasi data, jaringan, dan kriptografi, di antara mata pelajaran lainnya.

Pada saat mereka menyelesaikan gelar mereka, lulusan jurusan ini akan memiliki keterampilan untuk memeriksa masalah kompleks dengan alat komputer; membuka posisi dalam analisis data, pengembangan web dan konsultasi, misalnya, dan pekerjaan semacam ini tersedia di perusahaan mulai dari ukuran kecil hingga perusahaan besar..

Sudah tahu mau pilih yang mana?