*/?>

Hanya 4 Universitas Jurusan Teknik & Teknologi Ini Yang Masuk Peringkat Dunia QS WUR

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Sep 2021
Sumber gambar : IT Chronicles
Sumber gambar : IT Chronicles

Lulusan SMA yang mengambil jurusan IPA dan berniat melanjutkan studi ke jurusan yang banyak berhubungan dengan teknik dan teknologi harus segera merapat karena kali ini, kuliahdimana.id akan membagikanmu informasi seputar 4 universitas yang menyediakan jurusan teknik & teknologi terbaik di Indonesia beserta peringkatnya di dunia!

Pemeringkatan dihitung oleh QS WUR, sebuah lembaga yang aktif melakukan survei dan analisa terhadap ribuan universitas di seluruh dunia. Berdasarkan QS WUR pula, ini dia 4 Universitas Jurusan Engineering & Technology Terpopuler di Indonesia!

Institut Teknologi Bandung

ITB

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Institut Teknologi Bandung atau yang biasa dikenal dengan sebutan ITB menjadi juara nasional peringkat satu universitas negeri dengan poin 67.2. Jika ditandingkan dengan universitas dunia, ITB menempati posisi 256 sebagai universitas jurusan teknik dan teknologi terbaik. Angka ini terbilang tinggi mengetahui jumlah pesaingnya yang ribuan dan berasal dari berbagai belahan dunia.

Universitas Indonesia

UI

Universitas dengan almamater kuningnya ini menjadi peringkat dua sebagai universitas negeri dengan jurusan teknik dan teknologi terbaik di Indonesia lalu mendapatkan poin 64.2 dan masuk peringkat 326 dunia. Universitas Indonesia atau UI sendiri memang sudah punya nama di kalangan mahasiswa sehingga untuk memilih UI adalah pilihan tepat yang tak boleh disia-siakan.

Universitas Gadjah Mada

UGM

Berpindah ke Daerah Istimewa Yogyakarta, muncul nama universitas negeri paling populer di wilayahnya, Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada mendapatkan peringkat 335 dunia dan jika ditarik ke ranah nasional, menjadi universitas jurusan teknik dan teknologi peringkat 3. Universitas yang singkatannya UGM ini hampir menyaingi UI dengan berhasil menyalip UI pada kategori H-Index Citations lebih tinggi 0.2 poin. Total poin UGM pada pemeringkatan dunia adalah 63.8.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS

Menempati peringkat 4 nasional dan 401-450 dunia menjadikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS tak kalah saing dengan banyak universitas dalam negeri lainnya. Tentu, universitas ini harus menjadi yang terdepan dalam hal menghasilkan lulusan teknik, apalagi teknologi, terbaik di tanah air; menyesuaikan namanya yang menyematkan kata 'teknologi' di namanya. Meskipun demikian, QS Wur tidak menghitung total poin yang ITS dapatkan.