*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Biologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Sep 2021
Sumber gambar : university of biological sciences
Sumber gambar : university of biological sciences

Salah satu jurusan sains yang diminati mahasiswa baru adalah biologi. Jurusan yang berkaitan erat dengan segala mahluk hidup dan lingkungannya ini juga merupakan salah satu jurusan yang paling asyik masa studinya; dipenuhi banyak penelitian dan eskperimen baru. Jika kamu adalah calon mahasiswa yang haus akan pengetahuan yang tak pernah dibahas sebelumnya, atau yang ingin menemukan jawaban atas misteri alam, maka biologi-lah pilihanmu.

Masih kurang yakin mengapa kamu harus menjajal biologi sebagai jurusan pilihanmu di bangku kuliah? Pastikan lagi alasannya dengan 5 Alasan Memilih Jurusan Biologi di bawah ini!

Lingkup Pembelajaran yang Menyenangkan

Menurut kamus online Oxford, Biologi adalah “studi ilmiah tentang kehidupan dan struktur tumbuhan dan hewan” — bukankah itu luar biasa? Bukankah menyenangkan bahwa kamu akan menghabiskan waktu belajar tentang kehidupan di planet ini dan bagaimana ia telah berevolusi dan berkembang selama miliaran tahun? Kamu akan mendekati semua jenis topik dan menemukan pengetahuan yang membuat kebanyakan orang terdiam. Misalnya, tahukah kamu bahwa: katak dapat secara misterius mengubah jenis kelamin mereka? Nah, contoh barusan hanya satu saja penemuan terkait biologi. Kamu akan menemukan banyak pengetahuan baru lainnya selama belajar di jurusan ini!

Urgensi Tanpa Batas

Dunia membutuhkan ahli biologi yang belum pernah ada sebelumnya untuk memecahkan banyak tantangan yang dihadapinya saat ini. Ketika populasi manusia terus bertambah, dan standar hidup terus meningkat, tekanan pada alam untuk memberi makan, pakaian, dan menyediakan energi bagi kita akan menguji para ilmuwan, terutama para ahli biologi. Masalah bagaimana mengeluarkan jutaan ton karbon dioksida dari atmosfer setiap hari - tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya dalam prosesnya - adalah salah satu tantangan dari berjuta tantangan lainnya. Apakah kamu siap untuk menyelamatkan dunia?

Pilihan Studi Lanjutan yang Luas

Kamu dapat melakukan banyak hal dengan gelar biologi, tergantung pada subbidang apa yang kamu pelajari dan apakah kamu melanjutkan ke jenjang pascasarjana atau tidak. Jurusan biologi dapat mempelajari penguin Antartika, memecahkan kode genom virus, atau merekayasa tanaman baru. Karena keluasan studi lanjutan serta pilihan profesinya, tak salah jurusan biologi merupakan salah satu jurusan STEM terpopuler. Faktanya, gelar biologi adalah gelar sarjana No. 1 yang diperoleh calon dokter sebelum memulai sekolah kedokteran; jenis gelar ini memberikan dasar yang baik bagi mereka yang tertarik dengan kedokteran.

Eksperimen Luar Ruang

Jurusan biologi sangat ideal untuk orang-orang yang suka bereksperimen atau berada di luar ruangan. Satu minggu kamu akan fokus pada buku, di lain hari lain, kamu akan menguji konsep akademik di lingkungan alami yang nyata; dan pola ini berlanjut bahkan setelah lulus. Sifat pekerjaanmu akan menentukan bagaimana waktumu dihabiskan, tetapi secara garis besar, jika kamu memilih jurusan ini, kamu tidak akan selalu menghabiskan sepanjang hari menatap buku atau layar komputer saja. 

Pertumbuhan Demand Yang Positif

Profesi yang berhubungan dengan biologi mengalami pertumbuhan pekerjaan yang lambat namun positif. Misalnya, pekerjaan teknisi biologi diperkirakan akan tumbuh sekitar 5 persen, dan ahli mikrobiologi sebesar 3 persen, antara tahun 2019 dan 2029. Ahli biologi molekuler, ahli biokimia, dan ahli biofisika diperkirakan akan tumbuh sekitar 4 persen antara tahun 2019 dan 2029. Proyeksi pertumbuhan industri karir rata-rata, untuk semua pekerjaan ilmu kehidupan, adalah 5 persen, sedangkan rata-rata nasional untuk semua pekerjaan di bidang ini pada umumnya adalah 4 persen.