*/?>

Mengenal Program Studi Ilmu Perpustakaan

Pendidikan
Reporter : Admin, 09 Sep 2021
Sumber: librarianshipstudies
Sumber: librarianshipstudies

Program studi ini pasti masih terdengar sangat asing di telinga masyarakat, beberapa orang bahkan beranggapan bahwa lulusan ilmu perpustakaan hanya akan bekerja di perpustakaan saja. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya salah, lulusan ilmu perpustakaan memiliki kesempatan menjadi seorang pustakawan, namun selain itu lulusan ilmu perpustakaan juga memiliki prospek kerja yang luas seperti menjadi seorang arsiparis, ahli informasi, administrasi, dan berpeluang bekerja di setiap instansi baik pemerintah maupun swasta. 

Ilmu perpustakaan atau biasa dikenal dengan ilmu perpustakaan dan informasi merupakan disiplin ilmu yang sudah lama berdiri dan mempelajari semua aspek penciptaan, organisasi, manajemen, komunikasi, dan penggunaan informasi yang direkam dalam semua jenis dokumen termasuk dokumen digital dan imersif. 

Mahasiswa program studi ilmu perpustakaan tidak hanya berkutat dengan buku saja, namun mereka akan diajarkan bagaimana caranya menelusur dan menemukan sumber informasi dari berbagai sumber baik cetak maupun digital dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, selanjutnya mereka akan diajarkan untuk mengelola informasi agar dapat digunakan dengan cepat dan tepat. 

Jurusan ini sesuai dengan kalian yang menyukai berkutat dengan data, pengolahan infomasi, serta pengembangan teknologi komunikasi dan informasi. Selain itu melalui jurusan ini juga akan melatih kalian dalam mengelola suatu lembaga informasi sehingga menghasilkan lulusan berkompeten di bidangnya,

Berikut beberapa universitas negeri yang menyediakan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi dengan akreditasi terbaik, yaitu:

Universitas Negeri Akreditasi
Universitas Indonesia A
Universitas Padjadjaran A
Universitas Pendidikan Indonesia A
Universitas Brawijaya A
Universitas Diponegoro A
Universitas Sumatera Utara A
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah A
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga A
Universitas Islam Negeri Alauddin A

Sedangkan universitas swasta yang menyediakan Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, antara lain:

Universitas Swasta Akreditasi
Universitas YARSI A
Universitas Muhammadiyah Mataram B
Universitas Kristen Satya Wacana B
Universitas Lancang Kuning B
Universitas Wijaya Kusuma  Baik Sekali

Geby Gaprilia/city.ac.uk/BAN-PT