*/?>

3 Rekomendasi Kursus Online untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Programming Bagi Pemula

Pendidikan
Reporter : Admin, 09 Sep 2021
Sumber gambar: DigitalDeyfnd
Sumber gambar: DigitalDeyfnd

Berdasarkan World Economic Forum, setengah dari seluruh pekerja di dunia sangat membutuhkan peningkatan hardskill dan softskill di tahun 2025. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, tuntutan dunia digital ini mengharuskan setiap orang untuk menguasai keterampilan digital. Mempelajari bahasa pemrograman merupakan salah satu hardskill yang sangat dibutuhkan di era digital sekarang.

Menurut Wikipedia, bahasa pemrograman mempunyai tujuan untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pun 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Sebagai pemula, mempelajari bahasa pemrograman ini membutuhkan proses dan ketekunan. Tidak hanya mempelajari skill tersebut, melainkan dalam mempelajari hal-hal yang baru juga membutuhkan proses bagi tiap orang. Dalam mempelajari bahasa pemrograman ini dapat dilakukan secara online sehingga dapat memudahkan bagi pemula untuk mempelajarinya secara fleksibel kapan dan dimanapun. Sejak pandemi melanda, membuat kehidupan berjalan tidak seperti biasanya melakukan kegiatan serba daring

Kursus online merupakan salah satu cara dalam mempelajari bahasa pemrograman bagi pemula. Tidak hanya mempelajari bahasa pemrograman, berbagai platform kursus online juga menyediakan topik-topik yang berbeda untuk meningkatkan keahlian setiap orang. Bahkan kursus online tersebut menyediakan berbagai keterampilan untuk diasah dengan sertifikat pula.

Berikut rekomendasi kursus-kursus online yang dapat digunakan bagi seorang pemula.

1.) DataCamp

DataCamp adalah platform pembelajaran online yang membantu siswa membangun keterampilan data dengan kemampuan mereka sendiri. Kursus DataCamp mencakup hal-hal penting non-coding seperti BI tools hingga ilmu data dan machine learning. DataCamp memberikan pengalaman belajar langsung, termasuk penilaian keterampilan data untuk melacak kemajuan dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, juga pembelajaran yang interaktif dipimpin oleh para ahli, memberikan tantangan praktik, dan proyek dunia nyata. Datacamp menawarkan 350+ kursus lebih dari 10 teknologi berbeda, termasuk Python, R, SQL, Tableau, Power BI, Oracle SQL, Scala, Excel, spreadsheet. Datacamp menyediakan pelatihan online yang fleksibel untuk setiap peran dan tingkat keterampilan.

2.) Edx

Edx merupakan sebuah lembaga Massive Open Online Courses (MOCC) yang didirikan Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Sebagai salah satu platform online yang sangat terkenal, Edx menyediakan 3500+ program yang sangat bermanfaat bagi karier setiap orang. Pembelajaran bahasa pemrograman sebagai salah satu program dari Edx. Bagi pemula, Edx menyampaikan materi dengan penyajian video yang interaktif oleh para ahli sehingga memudahkan pemula untuk memahaminya serta kuis dan projek akhir untuk mengasah kemampuan pengguna. Dengan fitur yang menarik dan keren, perusahaan ini menawarkan beragam pilihan pembelajaran seperti program MicroMasters untuk membantu para profesional menyempurnakan lebih jauh lagi keterampilan yang sudah mereka miliki dan sertifikat professional yang ditujukan kepada pengguna untuk memenuhi tuntutan pasar kerja.

3.) Coursera

Sebagai salah satu platform kursus online yang sama halnya dengan Edx, Coursera didirikan pada tahun 2012 oleh dua profesor ilmu komputer Universitas Stanford California. Coursera menyediakan berbagai macam program di berbagai bidang seperti  bahasa,seni,bisnis,mengolah data, pemrograman dan lain sebagainya. Platform ini menyediakan program dengan memberikan sertifikat secara gratis bagi penggunanya.

 

Gita Mega Putri