*/?>

6 Jurusan Langka di Indonesia, di Kampus Lain Tidak Ada

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Sep 2021
Sumber gambar : ITB
Sumber gambar : ITB

Manajemen? Sudah biasa. Psikologi? Sudah biasa. Apalagi kedokteran, jurusan idaman para orang tua dari masa ke masa. Tapi, tentu boleh dong menjadi si unik di antara yang biasa saja; menjadi si mahasiswa di jurusan yang sangat terbatas kuotanya karena hanya ada satu di Indonesia! 

Nah jurusan apa saja sih yang cuma ada satu di Indonesia? Apa saja sih yang dipelajari dan dimana sih jurusan ini berada? Yuk pantau 6 jurusan unik di bawah ini!

Jurusan Astronomi, Institut Teknologi Bandung

Jurusan yang masuk ke fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  ITB ini tentu menarik bagi kamu pecinta alam semesta karena akan berfokus pada pengajaran tentang bagaimana alam semesta terbentuk dan bintang-bintang, planet, lubang hitam, materi gelap dan galaksi yang ada di dalamnya. Sudah siapa daftar di sini?

Nah, ika dituangkan dalam kurikulum ITB, pada semester satu jurusan astronomi, kamu akan dihadapkan pada mata kuliah general terlebih dahulu sebelum mendalami astronomi yang sesungguhnya. Yang akan kamu pelajari di semester satu antara lain: Matematika, Fisika Dasar, Kimia Umum dan Pengantar. untuk Eng. & Desain, Komputasi. Kemudian, mulai semester dua kamu baru akan diterjunkan ke mata kuliah seperti Astrofisika, Statistik dalam Astronomi, Astronomi Posisi, Celestial Mechanics, Pengantar Kosmologi sampai Stellar Physics.

Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada

Teknik Nuklir UGM terintegrasi dalam fakultas Fisika dan secara garis besar menginginkan lulusannya mampu mengaplikasikan teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, mengaplikasikan radiasi dan radioisotop di industri, dan mengaplikasikan radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi).

Semester satu jurusan Teknik Nuklir akan membahas berbagai teori dasar seperti Aljabar Linier, Kalkulus Elementer, Probabilitas & Statistika, Kimia Dasar, Praktikum Kimia Dasar, Mekanika, Gambar Teknik dan Bahasa Inggris Teknik. Pada level lebih dalam di jurusan teknik nuklir, nantinya kamu akan menyentuh beberapa mata kuliah yang seru seperti: Perpindahan Panas dan Massa, Rangkaian Listrik, Dinamika Sistem, Kontrol Otomatis, Elektronika Nuklir, Praktikum Elektronika Nuklir, Fisika Reaktor Nuklir dan Praktikum Deteksi dan Pengukuran Radiasi.

Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia

Jurusan unik satu ini termasuk dalam fakultas pariwisata UPI dan punya visi global untuk memperluas akses dan jejaring dengan stakeholder pariwisata nasional maupun internasional, khususnya dalam kategori makanan katering.

Lalu apa sih yang diajarkan di jurusan manajemen industri katering? Beberapa mata kuliah yang harus kamu ambil antara lain: Landasan Pendidikan, Pengantar Ilmu Sosial, Aplikasi Komputer, Pengantar Ekonomi Pariwisata, Etika dan Pelayanan Prima, Pengantar Bisnis, Higiene, Sanitasi dan Keselamatan Kerja, Introduction To English For Tourism, Pengantar Pariwisata, Manajemen Operasional, Psikologi Pariwisata, Seni Kuliner dan Kemasan Produk, Gastronomi Nusantara.

Teknologi Batik, Universitas Pekalongan

Siapa yang tak kenal batik? Salah satu warisan budaya Indonesia yang paling populer ini diturunkan dalam pendidikan formal oleh Universitas Pekalongan, loh! Nah, dalam pembelajarannya, Universitas Pekalongan menyediakan berbagai sarana pendidikan seperti Workshop Batik, Studi Gallery Batik, Laboratorium Kimia Batik, Laboratorium Riset Pewarnaan Alam, Laboratorium Pengolahan Limbah batik, Studio Desain Batik dan Lahan Tanaman Pewarna Alam.

Selama kuliah, ada 3 fokus studi yang akan dijajal mahasiswanya, yaitu: Pengantar Ilmu Komputer, Desain Batik (Teknik Menggambar) dan Desain Batik 2 (Desain Pola)

Ilmu Keluarga dan Konsumen, Institut Pertanian Bogor

Jurusan unik yang cuma ada 1 di Indonesia lainnya adalah Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB. Tujuan akhir dari jurusan ini adalah seputar pemahaman kita, manusia, tentang bagaimana keluarga berfungsi, teori-teori yang menjelaskannya.

Hal-hal yang akan dipelajari antara lain seputar teori-teori serta riset riset ketahanan keluarga, perkembangan dan pengembangan karakter anak, masalah gender sampai psikologi keluarga. Ada pula kelas konsultasi pola konsumen keluarga secara individu maupun berkelompok. Pokoknya, di jurusan ini, semua hal yang berhubungan dengan keluarga akan dibabat habis!

Rekayasa Nanoteknologi, Universitas Airlangga

Jangan lupa mampir ke Unair, agar dapat menjajal jurusan Rekayasa Nanoteknologi! Di jurusan ini, mahasiswanya akan menggunakan materi pada skala atom, molekul, dan supramolekul untuk keperluan industri.

Dasar-dasar nanoteknologi, meliputi struktur material dan rekayasanya melalui pendekatan eksperimen dan/atau komputasi; Prinsip dasar, metode, sekaligus teknik sintesis dan karakterisasi nanomaterial; Pengetahuan mengenai kinetika dan termodinamika reaksi; Mengetahui karakteristik fisis dan kimiawi zat padat, dimulai dari struktur 3D, 2D, 1D, hingga 0D. Ilmu spektroskopi yang mendasari teknik karakterisasi nanomaterial. Pemahaman dasar mengenai bidang keilmuan nanoteknologi; Prinsip nanoteknologi serta aplikasi rekayasanya di berbagai bidang industri medis, energi dan lingkungan.