*/?>

4 Tips Memilih Beasiswa yang Paling Cocok Untukmu!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Sep 2021
Sumber gambar : Forbes
Sumber gambar : Forbes

Begitu masuk universitas, maka kamu sudah harus mandiri dan tak hanya memikirkan tugas saja. Kamu juga harus berpikir tentang meringankan beban orang tua dengan mencari beasiswa! Sayangnya, mencari beasiswa, apalagi yang cocok denganmu, bukan perkara mudah. Kamu juga harus berpikir berulang-ulang apakah beasiswa ini akan memberatkan masa studimu atau tidak. Maka dari itu, menentukan beasiswa yang tepat juga butuh strategi dan pemikiran matang.

Untuk memudahkanmu menentukan beasiswa mana yang paling cocok dan baik, kuliahdimana.id sudah menyajikan 4 tips dasar memilih beasiswa! Langsung cek di bawah bagi kamu yang penasaran!

Lakukan Riset Sedini Mungkin

Tidak perlu menunggu sampai tahun pertama untuk mulai mengajukan beasiswa. Memulai lebih awal akan memberimu lebih banyak waktu untuk meneliti beasiswa mana yang sepadan dengan waktu dan energimu. Setelah kamu mengetahui opsi terbaik, kamu akan memiliki banyak ruang untuk menyelesaikan aplikasi yang mungkin dilewati oleh siswa lain. Beberapa beasiswa tersedia untuk mahasiswa baru dan mahasiswa tahun kedua di universitas, jadi mulai pilah aplikasi-aplikasi tersebut sedini mungkin!

Cek Web Universitas

Jika kamu tahu universitas mana yang kamu ingin pilih untuk jenjang pendidikan tinggi lanjutan, maka mengunjungi situs web universitas tersebut adalah langkah yang paling baik untuk memulai pencarian beasiswamu. Biasanya, situs web universitas akan memberikan banyak sumber informasi untuk beasiswa, bantuan keuangan, dan pendanaan lainnya. Nah, perlu diperhatikan, banyak beasiswa memiliki dana terbatas. Itu berarti semakin awal kamu mendaftar, semakin besar kemungkinan kamu akan mendapatkan imbalan sebelum anggaran itu habis. Itu bahkan lebih dari alasan untuk bergerak lebih cepat dalam menentukan!

Minta Pendapat Konselor Sekolah

Konselor sekolah menengah atau penasihat perguruan tinggi adalah dewan yang bagus untuk membantumu menemukan beasiswa yang tepat.Tanyakan kepada konselor bimbinganmu, beasiswa mana yang paling populer dan mana yang lebih disesuaikan dengan latar belakangmu. Kamu juga dapat bekerja sama untuk mencari beasiswa tertentu dari sekolah yang ingin kamu lamar. Berbicara dengan seorang ahli akan membantumu memfokuskan pencarian sehingga proses pencarian beasiswa akan lebih efisien lalu mereka juga dapat membantu meningkatkan esai dan aplikasi beasiswamu. 

Cocokkan Jenis Beasiswa dengan Kemampuan Diri

Beasiswa terdiri dari banyak jenis. Ada yang khusus untuk prestasi olahraga, ada yang khusus prestasi akademik dan ada pula beasiswa yang dikhususkan untuk kelompok tertentu, entah minoritas atau agama. Pilihlah beasiswa yang paling menguntungkan dan cocok untukmu agar dapat melaju dan lolos tahap seleksi. Jika kamu merasa berbakat dan berprestasi di satu bidang, maka pilihlah beasiswa tersebut tetapi jika tidak, cocokkan dirimu dengan ragam beasiswa yang terbuka lalu pastikan kamu paling menonjol dari para pendaftar lain.