*/?>

Tak Melulu Jadi Chef, Ini Dia 5 Jurusan Kuliah Unik yang Cocok Untuk Pecinta Makanan!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Sep 2021
Sumber gambar : diego coquillat
Sumber gambar : diego coquillat

Satu hal yang kerap kita bayangkan ketika punya teman Foodie, "kalau sudah kuliah pasti ambil jurusan yang jadi chef,". Yah, begitu terus berulang karena kita kurang paham bahwa dunia seputar makanan sebenarnya jauh lebih luas dari menjadi chef saja. Sayangnya, memang tak bisa dipungkiri kalau jurusan-jurusan unik dunia makanan kurang mendapatkan panggung, kurang disinggung bahkan tak pernah disebut-sebut dimana pun. 

Di sini lah kuliahdimana.id menyempilkan sedikit pengetahuan baru bagi kamu yang belum tahu sekaligus bagi kamu para Foodie yang merasa tak punya pilihan lain selain menjadi chef saja! Yuk kenali 5 jurusan unik khusus untuk pecinta makanan di bawah ini!

Food Science

Food Science

Di jurusan ilmu pangan, mahasiswanya akan mempelajari pertanyaan-pertanyaan serta dasar-dasar pemanenan makanan, pengangkutan, persiapan, dan banyak lagi. Dengan mendapatkan landasan yang kuat dalam sains dan belajar menerapkannya pada masalah dunia nyata, seorang ahli ilmu pangan dapat membantu menjaga pasokan makanan kita tetap sehat setiap hari.

Meat Science

Meat Science

Beranjak ke jurusan yang lebih spesifik dari Ilmu Pangan, ada pula Meat Science. Meat Science menggabungkan prinsip-prinsip biologi, fisiologi dan nutrisi yang mendorong pertumbuhan. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari dampak prinsip-prinsip pengolahan daging secara luas pada kualitas daging melalui pengalaman langsung, magang, penelitian, dan studi. Pengetahuan ini mengarahkan mahasiswanya untuk mengejar karir di industri makanan.

Nutrition

Nutrition

Jurusan nutrisi mengambil bidang mulai dari ilmu sosial hingga biologi dan kimia saat mahasiswanya mempelajari bagaimana pola diet memengaruhi kesehatan manusia. Pengetahuan tentang pola diet ini dapat digunakan untuk membantu orang lain membuat pilihan yang sehat untuk hidup, mulai dari menyusun menu makan siang di sekolah hingga mendidik orang lain tentang apa yang harus dimakan, dengan mempertimbangkan kebutuhan individu, usia, dan keadaan khusus seperti kehamilan.

Biotechnology

Biotechnology

Bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan sistem biologis atau organisme hidup untuk mengembangkan atau menciptakan produk yang berbeda, salah satunya makanan. Misal, memanggang roti adalah contoh proses yang termasuk dalam konsep bioteknologi (penggunaan ragi (= organisme hidup) untuk menghasilkan produk yang diinginkan). Proses tradisional seperti itu biasanya memanfaatkan organisme hidup dalam bentuk alaminya, sedangkan bentuk bioteknologi yang lebih modern umumnya akan melibatkan modifikasi yang lebih maju dari sistem atau organisme biologis.

Gastronomy

gastronomy

Jurusan gastronomi adalah jurusan seputar makanan dan budaya, dengan fokus khusus pada masakan gourmet. Istilah ini mencakup teknik memasak, fakta gizi, ilmu makanan, dan kelezatan ditambah penerapan rasa dan bau saat manusia menelan bahan makanan. Gastronomi juga mempelajari bagaimana nutrisi berinteraksi dengan budaya yang lebih luas melalui penemuan-penemuan terkait kualitas sensorik nutrisi manusia secara keseluruhan terhadap makanan.