*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Sep 2021
Sumber gambar : Plexuss
Sumber gambar : Plexuss

Kehutanan adalah ilmu dan praktik mengelola, melestarikan, menggunakan, memperbaiki, dan menciptakan kawasan hutan. Tujuan kehutanan adalah untuk menjaga ketersediaan hutan dalam kondisi yang sehat untuk kepentingan lingkungan dan manusia. Di bawah ini adalah beberapa fakta penting lainnya tentang kehutanan.

  • Kehutanan sangat bergantung pada biologi, kimia, dan matematika.
  • Kehutanan bukan hanya tentang pohon; kehutanan memperhitungkan kesehatan tanah, iklim, dan ekosistem besar di sekitarnya,
  • Kehutanan menyentuh banyak industri, termasuk pertanian, rantai pasokan kayu, rekreasi, pengelolaan air, pengendalian erosi, pelestarian satwa liar, konservasi sumber daya alam, dan banyak lagi.
  • Beberapa pakar kehutanan juga berfokus pada ancaman terhadap hutan atau siklus hutan, seperti kebakaran atau serangga invasif yang mengancam kesehatan pohon. 

Untuk melengkapi, berikut 5 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan bagi kamu calon mahasiswa baru!

Kelangsungan Hidup

Pada tahun 2020, hutan mencakup 31?ri luas daratan global dan merupakan 80?ri keanekaragaman hayati dunia. Manusia mengandalkan hutan untuk memberi udara bersih untuk bernafas dan air untuk diminum, segala macam buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan jamur untuk dimakan, dan bahan mentah seperti kayu untuk membangun furnitur, rumah, dan bahkan gedung pencakar langit. Dengan mengejar karir di bidang kehutanan, kamu dapat memainkan peran integral dalam melindungi keanekaragaman hayati planet kita dan memastikan ketahanan pangan dan sumber daya untuk generasi mendatang — apa yang bisa lebih menarik dari itu?

Healing

Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar ruangan, terutama di dekat pohon dan hutan, baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang lebih terkenal dari berada di antara pepohonan adalah meningkatkan suasana hati. Menghabiskan waktu di luar ruangan “memberikan istirahat pada bagian kognitif otak kita, memungkinkan kita untuk lebih fokus dan memperbarui kemampuan kita untuk bersabar”. Efek samping umum lainnya dari menghabiskan waktu di luar ruangan adalah kejernihan mental, landasan dan perspektif, dan perasaan berenergi kembali. Bekerja dalam karir yang tidak hanya mempromosikan planet yang sehat, tetapi juga pikiran dan komunitas yang sehat? Itulah yang bisa sebut sebagai home run.

Menjadi Petualang

Jika masuk jurusan kehutanan, kamu mungkin menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, mungkin di lokasi terpencil, tergantung pada jenis tugas yang harus kamu lakukan. Kamu harus memiliki kemampuan analitis dan berpikir kritis yang kuat sehingga kamu dapat menganalisis data yang dikumpulkan dengan tepat dan memutuskan cara terbaik untuk mendekati masalah terkait pohon, produksi dan pengumpulan produk, serta hubungannya dengan populasi lokal.

Makin Canggih

Mereka yang belajar dan pada akhirnya berkarir di bidang kehutanan sering menggunakan kombinasi berbagai jenis keterampilan dan pengetahuan untuk memecahkan masalah. Akan sangat memuaskan untuk menggabungkan unsir pekerjaan langsung, teori, dan analisis data khusus untuk memecahkan masalah skala besar yang memengaruhi banyak orang dan satwa liar. Yup, apa yang seorang ahli kehutanan lakukan bukan soal manusia saja, tetapi untuk mahluk hidup lainnya. Bayangkan betapa menyenangkannya bekerja dengan peralatan canggih layaknya seorang pahlawan!

Banyak Pilihan

Jika terjun ke dunia kerja, pekerjaan sebagai ahli kehutanan dilakukan dalam semua jenis kondisi cuaca, dapat menuntut fisik, dan mungkin memerlukan masa tinggal yang lama di tempat perkemahan jauh dari kota. Namun, ada pilihan karir yang memungkinkanmu untuk bekerja di laboratorium, atau bekerja dengan masyarakat mengajar orang lain tentang konservasi dan bagaimana berinteraksi dengan baik dengan lingkungan alam. Sebagian besar pekerjaan rmengikuti jadwal kerja rata-rata dengan jam kerja yang kadang-kadang panjang saat mengerjakan proyek.