*/?>

Mau Mencatat Lebih Efektif? Coba 4 Teknik Pencatatan Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Sep 2021
Sumber gambar : DIY Holics
Sumber gambar : DIY Holics

Menjadi mahasiswa artinya mencatat, mencatat dan mencatat. Kegiatan rutin ini penting agar kamu bisa catch up dengan materi yang dibawakan dosen sekaligus sebagai pengingat akan tugas, jika ada. Tapi, beberapa dari kamu juga pasti tak terlalu suka melakukan kegiatan ini sebab apa lah fungsinya mencatat kalau diri sendiri juga tak paham apa yang kemarin dicatat sangking banyaknya input informasi.

Nah, tenang wahai para mahasiswa, kali ini kuliahdimana.id akan membagikanmu 4 teknik pencatatan paling populer dan dinilai paling efektif! Dan dari pada lama-lama, yuk segera cek 4 teknik pencatatan yang bisa kamu tiru ini!

The Cornell Method

Teknik mencatat ini telah ada selama beberapa dekade dan diciptakan di Cornell University, Amerika Serikat. Teknik pencatatannya mengharuskan ada dua kolom di satu halaman. Teknik ini adalah tentang catatan pendek yang kamu tulis di kolom sebelah kanan menggunakan singkatan dan simbol yang dapat dikenali. Sebelum membuat catatan, buatlah daftar singkatan dan ekspresi. Ini membuat proses pencatatan menjadi lebih mudah lalu baca, rekam, renungkan, dan tinjau; kegiatan ini juga berfungsi ganda sebagai sistem belajar yang sangat efektif.

cornell method

The Outline Method

Teknik pencatatan ini menggunakan metode linier dan satu-satunya yang secara alami disukai banyak orang. Biasanya diatur dengan judul dan poin-poin dan ditulis lurus ke bawah halaman. The outline method secara alami mengatur informasi dengan cara yang sangat terstruktur dan logis, membentuk kerangka bab buku teks atau subjek kuliah yang berfungsi sebagai panduan belajar yang sangat baik ketika mempersiapkan ujian. Namun, teknik ini mungkin lebih berguna sebagai teknik pembelajaran pada materi yang sudah familiar daripada saat kamu pertama kali diperkenalkan dengan informasi yang sama sekali baru.

Outline method

The Mapping Method

The Mapping Method terlihat seperti pohon dengan cabang atau awan dengan lengan. Dimulai dengan satu ide di tengah (topik utama), dan kemudian memiliki cabang (poin utama) menjangkau dengan cabang yang lebih kecil (sub poin) di bawahnya. Jika kamu pembelajar visual, kamu mungkin lebih suka teknik pencatatan ini. Teknik ini sendiri adalah metode yang menggunakan keterampilan pemahaman/konsentrasi dan berkembang dalam bentuk catatan yang menghubungkan setiap fakta atau ide dengan setiap fakta atau ide lainnya. Pemetaan adalah representasi grafis dari isi informasi.

Mapping Method

The Chart Method

Teknik pencatatan ini adalah teknik pencatatan yang menggunakan grafik untuk menyingkat dan mengatur catatan; melibatkan pemisahan dokumen menjadi beberapa kolom dan baris yang kemudian diisi dengan ringkasan informasi lalu menghasilkan format catatan yang memungkinkan perbandingan yang efisien antara topik dan ide yang berbeda. Teknik bagus jika kamu tahu topiknya sebelum kamu mulai dan ada kategori informasi yang berbeda. Bagi halaman catatanmu menjadi beberapa kolom dan mulai dengan poin utama yang tercantum di bagian atas setiap kolom, dengan sub poin di bawahnya.

Charting method