*/?>

Profesi yang Berhubungan Dengan Air? Cek di sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 Oct 2021
Sumber gambar : your free career test
Sumber gambar : your free career test

Air adalah salah satu sumber daya alam kita yang paling berharga, dan oleh karena itu, ada banyak pekerjaan yang melibatkan air dalam beberapa hal. Karir yang melibatkan air bervariasi di berbagai bidang entah untuk tujuan melestarikan dan/atau mendistribusikannya. Kali ini yuk kita lihat beberapa pekerjaan yang mungkin melibatkan air lebih dari karir lainnya!

Hydrologist

Ahli hidrologi dapat dianggap sebagai ilmuwan air, karena mereka mempelajari semua aspek sumber daya alam satu ini. Mereka biasanya mengukur badan air untuk hal-hal seperti aliran sungai atau volume, mengumpulkan sampel untuk menguji polusi atau pH dan melihat efek dari hal-hal seperti erosi atau kekeringan pada badan air. Mereka juga dapat mempelajari tingkat air tanah, bagaimana air bergerak di daerah tertentu dan ketersediaan air. Pekerjaan mereka sering digunakan untuk meramalkan pasokan air di masa depan dan memeriksa kelayakan proyek berbasis air. Kebanyakan ahli hidrologi memiliki setidaknya gelar sarjana atau magister.

Environmental Scientist and Specialist

Ilmuwan dan spesialis lingkungan biasanya melakukan hal berikut: Mengembangkan rencana untuk mencegah, mengendalikan, atau memperbaiki masalah lingkungan, seperti pencemaran tanah atau air lalu emberikan informasi dan panduan kepada pejabat pemerintah, bisnis, dan masyarakat umum tentang kemungkinan bahaya lingkungan dan risiko kesehatan. Temuan mereka sering digunakan untuk memberi saran kepada pembuat kebijakan mengenai masalah lingkungan, serta untuk memantau perbaikan lingkungan di area tertentu setelah solusi diterapkan. Ilmuwan dan spesialis lingkungan biasanya memiliki setidaknya gelar sarjana dalam ilmu lingkungan atau mata pelajaran terkait, seperti kimia atau biologi.

Environmental Engineer

Insinyur lingkungan biasanya bertugas mempersiapkan, meninjau, dan memperbarui laporan penyelidikan lingkungan. Merancang proyek yang mengarah pada perlindungan lingkungan, seperti fasilitas reklamasi air atau sistem pengendalian polusi udara. Memperoleh, memperbarui, dan memelihara rencana, izin, dan standar operasi terkait perbaikan lingkungan. Mereka melakukan pemeriksaan kontrol kualitas, merancang proyek untuk perlindungan lingkungan, memantau program perbaikan lingkungan dan banyak lagi. Para profesional ini membutuhkan gelar sarjana di bidang teknik, dan beberapa pengalaman terkait terbukti bermanfaat dalam mencari pekerjaan.

Water and Wastewater Treatment Plant and System Operator

Operator sistem dan pabrik pengolahan air dan air limbah bertugas mengontrol mesin yang bekerja untuk mengolah atau memindahkan air limbah, serta menguji sampel air dan limbah. Operator ini juga memeriksa dan memelihara peralatan, melakukan pembacaan pengukur, memastikan keselamatan di fasilitas mereka dan mematuhi semua peraturan lingkungan. Instalasi pengolahan air mengkhususkan diri dalam melakukan semua hal ini untuk air yang kita gunakan setiap hari, termasuk air minum, sedangkan instalasi pengolahan air limbah mengkhususkan diri dalam mengolah air limbah sebelum dilepaskan kembali ke badan air. Operator sistem dan instalasi pengolahan air dan air limbah memerlukan ijazah sekolah menengah atas, lisensi, dan pelatihan kerja.

Water Transportation Worker

Pekerja transportasi air mengoperasikan dan memelihara kapal yang membawa kargo dan orang di atas air. Kapal melakukan perjalanan ke dan dari pelabuhan asing melintasi lautan dan ke pelabuhan domestik di sepanjang pantai, melintasi samudra. Pekerja transportasi air biasanya melakukan hal berikut: Mengoperasikan dan memelihara kapal nonmiliter, mengikuti rantai komando ketat kapal mereka, memastikan keselamatan semua orang dan kargo di kapal. Karena ada beberapa pekerjaan berbeda yang dianggap sebagai bagian dari industri transportasi air, persyaratan pendidikan pun berbeda-beda. Pelaut kapal minyak mungkin tidak memerlukan pendidikan formal pasca sekolah menengah, tetapi insinyur kapal mungkin memerlukan sertifikat dan pendidikan lebih tinggi.