*/?>

5 Tips Jitu Tetap Fokus di Kelas Online!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Oct 2021
Sumber gambar : failedsuccesfully.com
Sumber gambar : failedsuccesfully.com

Bisa dibilang, tantangan terbesar mengikuti kelas online adalah tetap disiplin. Ketika kamu pergi ke kelas konvensional di ruang kelas, kamu sudah "terjebak" di sana untuk periode tersebut sehingga kamu 'terpaksa' memperhatikan, mencatat, dan mengikuti alurnya sampai selesai. Untuk kelas online, yang dapat kamu ikuti sesuai keinginanmu, mungkin ada godaan untuk mengalihkan perhatianmu dari materi yang disajikan para dosen. Lalu bagaimana melawan godaan ini? Berikut 5 tips jitu yang dapat kamu ikuti dan tiru agar selalu sukses di kelas-kelas online mendatang!

Ruang Belajar Mendukung

Bangun ruang belajar yang efektif jauh dari gangguan di rumah. Ini berarti, kamu harus berada di suatu tempat yang jauh dari televisi, konsol game, atau sofa yang nyaman. Ruang dengan meja dan kursi agar kamu bisa duduk tegak sangat ideal. Jika memungkinkan, tutup pintu ruang belajarmu selama jam pelajaran untuk menghalangi kebisingan dari seluruh rumah, dan mencegah hewan peliharaan keluarga atau adik yang penasaran mengganggu kelasmu!

Hindari media sosial

Salah satu gangguan yang paling memakan waktu dan terbesar di zaman sekarang ini adalah gangguan dari notifikasi instagram atau tiktok. Maka dari itu, untuk kondisi belajar online yang efektif, kamu harus menempatkan ponsel dalam mode senyap atau pesawat, atau menggunakan aplikasi ekstensi browser untuk membatasi waktumu di berbagai platform media sosial ini. Cobalah buka media sosial hanya saat istirahat atau sebagai sarana motivasi setelah menyelesaikan tugas tertentu.

Beri Atensi Sekarang Daripada Nanti

Penting untuk tetap mengikuti alur pembelajaran alih-alih hanya menonton recording kelas hari ini nanti. Menghadiri kelas online langsung akan mendorongmu untuk berinteraksi dan berpartisipasi. Lebih baik belajar saat ini daripada hanya berdiam diri di kelas lalu menghabiskan waktu lain (yang harusnya bisa kamu manfaatkan untuk bersang-senang) untuk mendengar ulang apa yang dosenmu katakan di kelas. Selain membuang-buang waktu, kamu juga akan cepat bosan karena mendengar ulang apa yang sudah kamu dengar di kelas dari awal.

Buat Daftar Check List Tugas

Membuat daftar tugas harian adalah cara yang bagus untuk mengingatkan diri tentang apa yang harus diselesaikan dan untuk menentukan kapan kamu memiliki waktu untuk menyelesaikan proyek dan tugas yang harus kamu selesaikan. Kamu tidak ingin terbangun tidur dengan kepanikan karena kamu lupa memposting diskusi atau menyelesaikan kuis. Daftar tugas harian ini juga akan membantumu mengalokasikan waktu untuk hal-hal penting lainnya sehingga tak ada jadwal bertabrakan!

Istirahat

Kelas online bisa menjadi tugas yang berat, jadi pisahkan sesi belajar individumu untuk memastikan kamu tidak kelelahan. Misalnya, kamu mungkin belajar selama 30 menit, lalu istirahat lima menit. Penelitian menunjukkan bahwa mengambil istirahat berjalan 5 menit selama sesi belajar yang panjang memiliki banyak manfaat, loh! Selain membuat energimu tak terkuras berlebihan, mengambil istirahat dapat mengembalikan semangat belajarmu ketika sudah mulai bosan.