*/?>

5 Keterampilan Dasar Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Teknik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 Oct 2021
Sumber gambar : NYU
Sumber gambar : NYU

Teknik adalah bidang yang menarik, menawarkan lulusan perguruan tinggi yang berpotensi mendapatkan penghasilan signifikan, stabilitas pekerjaan, dan banyak kepuasan pribadi. Ada banyak pekerjaan berbeda yang tersedia untuk lulusan teknik, tergantung pada fokus mereka. Kamu dapat memilih untuk belajar teknik kedirgantaraan, teknik perangkat keras komputer, teknik elektro, atau lusinan disiplin teknik lainnya.

Namun, tidak semua orang bisa sukses di jurusan ini. Alasannya, tuntutan dalam hal keterampilan sangat kuat agar lulus dengan baik. Apa saja sih keterampilan yang harus calon mahasiswa teknik miliki? Berikut 5 yang paling dasar untuk membantumu menentukan apakah jurusan teknik cocok untukmu!

Keterampilan Komputer

Mahasiswa teknik harus terbiasa menggunakan komputer. Mereka harus memahami ilmu komputer dasar, bersama dengan jenis teknologi komputer lain yang terlibat dalam bidang khusus mereka. Pemodelan komputer adalah salah satu bidang yang telah menjadi penting untuk bidang teknik. Teknologi ini digunakan untuk membuat model komputer yang mensimulasikan sistem yang kompleks.

Keterampilan Matematika Tingkat Lanjut

Insinyur dari semua jenis jurusan teknik harus tahu bagaimana melakukan matematika yang kompleks. Tentu, komputer dan kalkulator sangat membantu dalam menemukan jawaban atas masalah. Namun, seorang profesional teknik harus tahu nomor mana yang harus dimasukkan ke dalam mesin untuk mendapatkan hasil yang benar. Penting untuk memahami rumus dan perhitungan yang digunakan untuk menemukan jawaban atas masalah dan membuat desain.

Perhatian terhadap Detail

Sebagian besar proyek rekayasa di bidang teknik cukup rumit dan kompleks. Mereka digunakan untuk mengembangkan produk, menguji keamanan, struktur desain, dan banyak lagi. Jenis proyek yang dikerjakan oleh para insinyur teknik umumnya berdampak pada kehidupan masyarakat. Itulah mengapa sangat penting bagi siapa pun yang mengejar gelar teknik untuk memperhatikan setiap detail di sepanjang jalan ketika bekerja untuk menjadi seorang insinyur.

Keterampilan Pemecahan Masalah

Terkait dengan perhatian terhadap detail, juga ada keterampilan pemecahan masalah. Masalah dan situasi muncul secara teratur, dan insinyur harus meresponsnya dengan cepat. Kadang-kadang bahkan ada keadaan darurat yang perlu ditangani. Seorang insinyur perlu mendekati masalah dengan kepala dingin dan pandangan analitis untuk dapat membuat keputusan yang terbaik, paling tepat dan paling aman.

Keterampilan untuk Bekerja sebagai Tim

Insinyur biasanya tidak bekerja sendiri. Sebagai anggota tim, sangat penting bagi mereka untuk dapat berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik. Mereka juga harus bekerja sama untuk mencapai solusi terbaik, jadi kompromi sangat penting. Ketika bekerja dengan orang-orang di luar industri, insinyur harus dapat berbicara dengan jelas dan singkat agar dapat dipahami oleh orang awam. Dengan demikian, keterampilan komunikasi juga merupakan bagian dari bekerja sebagai tim yang sukses. Selain itu, memberi dan menerima umpan balik diperlukan pada jenis pekerjaan ini.