*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Musik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Oct 2021
Sumber gambar : Berry College
Sumber gambar : Berry College

Jurusan musik bukanlah jurusan yang mudah untuk 'dicapai'. Tidak masalah jika kamu seorang vokalis atau instrumentalis, menjadi mahasiswa jurusan musik sangat menantang. Dari jam latihan yang tak ada habisnya sampai kompetisi yang tak ada ujungnya, jurusan musik merupakan salah satu jurusan yang (bahkan) dianggap tak menghasilkan. Ini lah mengapa jurusan musik tidak masuk salah satu jurusan yang paling diminati para calon mahasiswa.

Tapi tak mengapa dipandang miring, jurusan musik sebenarnya memiliki nilainya sendiri. Dan bagi kamu yang masih belum bisa melihat 'nilai' jurusan musik, berikut 5 alasan mengapa masuk jurusan musik adalah pilihan yang tak kalah baiknya dengan memilih jurusan-jurusan populer lainnya!

Musik Menyatukan Dunia

Jurusan musik memungkinkan kita untuk berbagi musik dengan banyak orang. Tidak masalah jika kamu akan mengajar atau tampil setelah kamu lulus kuliah. Semua lulusan jurusan musik akan memiliki kesempatan untuk berbagi musik dengan dunia. Apalagi, kita semua tahu bahwa musik dapat menyatukan manusia. Kita bahkan tanpa perlu menjadi musisi profesional sekalipun; meski untuk bersenang-senang semata. Mahasiswa jurusan musik akan melalui 'persahabatan' ini setiap hari.

Melatih Fokus Jangka Panjang

Mahasiswa jurusan musik biasanya adalah orang-orang yang fokus. Mereka tahu tentang melepaskan hal-hal baik (waktu bergaul dengan teman-teman mereka atau bermain video game, misalnya) untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka. Hal ini lah juga yang para calon mahasiswa jurusan musik akan pelajari selama masa studi mereka. Ke depannya, mereka yang cukup baik dan berhasil melewati jurusan ini tepat waktu tidak akan kesulitan mencapai tujuan mereka yang lain, apakah mereka ingin menciptakan genre musik yang sama sekali baru atau bahkan memilih jalan hidup lainnya.

Sabar Mendengar

Belajar musik adalah tentang kesabaran dalam mendengarkan. Berkali-kali, mahasiswa musik pasti akan diberi tahu untuk, "mendengarkan nadamu sendiri," Hasilnya? Mereka akan tahu bagaimana cara mendengarkan yang baik. Mereka akan tahu bagaimana melakukan koreksi arah menuju not balok yang paling sesuai untuk menciptakan alunan musik paling sempurna. Dan, hal ini merupakan proses belajar yang tak singkat. Mungkin mereka akan bosan mendengarkan hal sama berulang-ulang namun di saat itulah kesabaran mereka diuji, untuk hasil paling baik.

Cocok Bagi yang Suka Berkompetisi

Persaingan dalam musik bisa sangat sengit. Jadi, kamu ingin melakukan segala upaya untuk dapat menghadapinya secara langsung di kemudian hari. Gunakan waktumu di perguruan tinggi untuk mengembangkan suara dan bakat unikmu untuk membedakanmu dari orang lain. Ikutilah kompetisi-kompetisi yang terbuka di jurusan ini. In fact, biasanya mahasiswa jurusan musik akan memiliki banyak kesempatan dalam kompetisi antar universitas; di tingkat internasional sekali pun! Maka dari itu, jika kamu adalah mereka yang menyukai persaingan sehat, jurusan ini akan cocok untukmu.

Peluang Tanpa Batas

Beberapa orang memandang gelar musik dengan cara yang sama seperti gelar dalam bidang filsafat; tidak ada pekerjaan bagus yang terbuka untuk lulusan jurusan ini. Namun, sebenarnya mereka yang memiliki gelar di industri ini memiliki opsi untuk melamar pekerjaan apa pun. Mereka berpeluang meraih gelar master, baik di bidang musik maupun bidang lainnya. Mereka yang memiliki gelar musik memiliki latar belakang yang baik untuk bekerja di semua bidang: mengajar, pertunjukan, atau industri terkait musik apa pun. Gelar dalam musik memungkinkan mahasiswanya untuk membuka berbagai pintu dan peluang di berbagai bidang.