*/?>

Siswa, Ini Dia 6 Aplikasi Online Untuk Tingkatkan Efektifitas Belajar

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Oct 2021
Sumber gambar : Leverage Edu
Sumber gambar : Leverage Edu

Teknologi telah mengubah cara siswa mendekati pendidikan mereka dan bagaimana guru hadir di kelas. Hari ini, sudah banyak siswa yang memiliki akses ke sejumlah besar aplikasi di komputer mereka. Nah, memilih jenis aplikasi yang tepat akan dapat membantu mereka menyelesaikan tugas, memperoleh  pengetahuan baru, dan meningkatkan hasil belajar. Berikut beberapa aplikasi online terbaik untuk siswa yang pasti akan berguna selama tahun akademik ini!

Anki Flashcards

Mempelajari materi pelajaran apa pun biasanya melibatkan membaca, mencatat, dan menghafal. Nah, untuk membantumu melakukan ketiga hal esesial tersebut dalam studimu, ada Anki! Anki adalah aplikasi kartu flash yang dapat membantumu mengingat fakta, rumus, atau istilah rumit. Mulailah dengan membuat deck dan kartu catatan. Lalu, kamu dapat memasukkan item dengan beberapa kata tertutup (cloze), kartu terbalik opsional, dan banyak lagi. Kamu juga dapat membuat kartu dan menyesuaikan pengaturannya. Browser kartu internal memungkinkanmu melihat dan mengedit catatan yang kamu pelajari atau tambahkan baru-baru ini. Saat mempelajari kartu lama atau baru, Anki akan mengacak kartumu secara berkala untuk memeriksa seberapa banyak kamu telah mempelajari atau menghafalnya.

MyHomework

Aplikasi perencana studi untuk PC ini dapat membantumu mengatur pekerjaan rumah dan melacak semua aktivitas. Dengan myHomework, kamu tidak akan pernah kehilangan jejak kelas, jadwal, atau pekerjaan rumahmu. Dasbor memberikan ringkasan lengkap tentang kelas yang akan kamu hadiri, program, dan detail tugas. Tampilan Kalender memberikan gambaran singkat tentang kelas yang diatur berdasarkan tanggal. Opsi Pekerjaan Rumah memiliki tata letak gaya dengan tiga daftar: Selesai, Terlambat, dan Mendatang. Di dalam setiap kartu, kamu dapat membuat pengingat dan memberi kode warna pada kelas. Versi gratis myHomework memungkinkanmu menyinkronkan, melacak tugas, kelas, dan  sebagai alat pengingat tanggal jatuh tempo. Langganan premium bisa memberimu lebih banyak tema, memungkinkanmu melampirkan file, mengakses kalender eksternal, dan banyak lagi.

Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah mesin pencari komputasi untuk menjawab pertanyaan apa pun menggunakan basis pengetahuan bawaan dan kecerdasan buatan di internet. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi spesifik tentang satuan, rumus, persamaan, statistik, analisis data, penjelasan ilmiah dengan fakta atau angka, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa berlatih kuis ilmiah dan teka-teki matematika atau mendapatkan jawaban dari berbagai topik seperti keuangan, kalkulus, aljabar, dan statistik dengan satu klik. Aplikasi ini tentu akan cocok bagi kamu yang ingin dengan lebih cepat menemukan materi pembelajaran baru daripada harus benar-benar mencari materi dari awal dari Google.

Grammarly

Saat kamu menulis draf pertama esaimu, biasanya kamu bisa menemukan beberapa kesalahan ejaan, kalimat yang ditulis dengan terlalu bertele-tele, atau penggunaan tanda baca yang salah. Nah, Grammarly bisa membantumu meningkatkan kualitas tulisan dengan mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan yang terkait dengan ejaan, kosa kata, dan bahkan struktur kalimat. Grammarly ini menawarkan aplikasi untuk seluler dan tablet serta add-on yang terintegrasi dengan setiap browser. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan alat koreksi lanjutan lainnya seperti cek plagiarisme, peningkatan kosa kata, saran tata bahasa bawaan, dan proofreading profesional.

Mindmaster

Mindmaster adalah aplikasi mindmap yang intuitif dan kaya fitur untuk siswa. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mirip dengan Microsoft Office. Kamu akan dapat menyisipkan topik, gambar, tautan, menggambar garis hubungan, menambahkan catatan, dan lainnya. Secara default, aplikasi ini menawarkan banyak template siap pakai, clip art, dan diagram vektor. Kamu akan menemukan opsi untuk mengubah tampilan mindmap-mu, menambahkan latar belakang, simbol, batas waktu tugas, untuk melihat dan mengekspor garis besar, dan banyak lagi. Jika kamu membongkar mindmap-mu menjadi cabang-cabang terpisah, Mindmaster dapat secara otomatis membuat slide presentasi darinya. Kemudian, tambahkan latar belakang, catatan, dan dapat ekspor sebagai file PPT.

Zotero

Zotero adalah aplikasi yang dirancang untuk mengumpulkan, mengatur, dan mengutip referensi. Setiap referensi merupakan item. Item berisi metadata yang berbeda, tergantung pada jenis dokumen. Saat kamu menemukan makalah penelitian yang menarik, klik tombol konektor Zotero untuk memotong artikelnya. Aplikasi secara otomatis mengisi metadata yang relevan, melampirkan tautan, dan menyisipkan PDF jika tersedia. Kemudian, kamu bisa tambahkan tag atau catatan ke item tersebut. Saat mengerjakan tugas, gunakan plugin pengolah kata untuk memasukkan referensimu sebagai kutipan. Menariknya, Zotero juga mendukung semua gaya utama pengutipan, termasuk Chicago, MLA, APA, dan gaya kutip khusus jurnal.