*/?>

Mau Cek Plagiarisme? Pakai 4 Aplikasi Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Oct 2021
Sumber gambar : Universitas Binus
Sumber gambar : Universitas Binus

Menggunakan teks orang lain tanpa mengutip dengan benar adalah plagiarisme, baik kamu bermaksud melakukannya atau tidak. Plagiarisme yang tidak disengaja bahkan satu atau dua kalimat dapat memiliki konsekuensi serius. Bagi mahasiswa, plagiarisme sering berarti nilai yang gagal, atau lebih buruk konsekuensi drop-out. Untungnya, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu. Apa saja aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek apakah tulisanmu terindikasi plagiarisme? Berikut 4 paling populer di antara ribuan aplikasi plagiarism checker yang tersedia di dunia!

Unicheck

Salah satu kekuatan utama Unicheck mencakup serangkaian fitur yang membuatnya menonjol. Fitur-fitur ini termasuk add-on Google Documents sehingga ada deteksi plagiarisme yang aktif secara bersamaan saat kamu menulis. Ini berarti saat kamu menuangkan pemikiranmu ke dalam file Google Documents itu, Unicheck akan menyoroti kutipan dan persamaan pada saat yang bersamaan. Ini pada akhirnya menghemat lebih banyak waktu daripada yang kamu pikirkan. Selain Google Docs, Unicheck juga menawarkan Add-Ons untuk Google Workspace dan Microsoft 365. Semua data sensitif yang diterima Unicheck dilindungi melalui cloud pribadi mereka yang aman sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya, dan untuk skalabilitas yang unggul, pemeriksaan simultan dilakukan secara real-time bahkan dalam jumlah besar dengan efisiensi waktu relatif. Unicheck menjanjikan 99,9% waktu aktif dan dukungan obrolan, email, dan telepon tersedia 24/5 jika kamu mengalami kesulitan saat menggunakannya.

Scribbr

Keakuratan Scribbr dirancang untuk mendeteksi semua jenis plagiarisme yang ada dalam esaimu saat diperiksa terhadap basis data sumber mereka. Salah satu fitur Scribbr yang paling menonjol adalah Own Sources Checker, sebuah fitur di mana kamu dapat memeriksa hasil plagiarismemu terhadap esimu yang lain dengan mudah. Meskipun aplikasi ini dikenakan biaya, fitur tambahan Scribbr terbukti sangat membantu terutama bagi siswa yang menerbitkan naskah tetapi tidak punya waktu untuk memeriksa silang pekerjaan mereka. Basis data Scribbr mencakup jurnal dan buku, yang memberi Scribbr kelebihan yang cukup besar dibandingkan alternatif pemeriksa plagiarisme lainnya. Inilah alasan mengapa Scribbr disukai oleh sejumlah besar siswa untuk mendeteksi plagiarisme. Alasan lainnya adalah kemudahan dalam memulai: unggah file Word atau PDF, dan kamu langsung bisa mendapatkan laporan plagiarisme komprehensif di mana setiap kesamaan disorot dengan sumber yang sesuai.

Turnitin

Turnitin cocok sebagai alat untuk mendidik mahasiswa mengenai teknik kutipan dan referensi yang tepat serta untuk memberikan kepercayaan kepada universitas dalam integritas akademik pekerjaan mereka. Turnitin akan mencocokkan teks dalam tugas dengan membandingkan kiriman esai-mu dengan arsip dokumen internet, data internet, gudang makalah yang dikirimkan sebelumnya, dan gudang langganan majalah, jurnal, dan publikasi. Turnitin kemudian membuat 'Laporan Keaslian' yang dapat dilihat oleh dosen dan kamu, mahasiswa, yang mengidentifikasi di mana teks dalam kiriman mahasiswa telah cocok dengan sumber lain. Turnitin juga menyimpan catatan semua tugas yang dikirimkan di database pusat. Hal ini dilakukan agar pengajuan yang akan datang, misalnya tugas yang diserahkan di tahun-tahun mendatang, akan dicocokkan dengan tugas yang diajukan sebelumnya.

PlagScan

PlagScan terkenal dengan deteksi plagiarismenya yang telah berkinerja baik sejak 2009. PlagScan akan memberi penggunanya opsi untuk menyalin dan menempelkan teks atau mengunggah file secara langsung untuk memulai deteksi plagiarisme. Memanfaatkan BoSS-API Yahoo untuk memindai plagiarisme, setiap pemindaian seakurat yang diinginkan. Ada berbagai opsi paket yang dapat dipilih untuk mulai memindai, tergantung pada kebutuhan. Semua paket yang tersedia mudah digunakan dan dipahami, sehingga kamu, calon pengguna, dapat mencocokkan silang dengan berapa banyak halaman yang perlu diperiksa. Fleksibilitas inilah yang menjadikan PlagScan pilihan yang sangat baik bagi pelajar dan pengusaha. Bahkan ada rencana untuk pendidikan tinggi, sekolah, dan perusahaan besar. PlagScan akan memungkinkanmu menemukan paket yang sesuai dengan kebutuhan.