*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Oct 2021
Sumber gambar : universitas binus
Sumber gambar : universitas binus

Konstruksi bangunan adalah kegiatan terpenting yang manusia miliki; tanpa pembangunan rumah, kita akan masih akan tinggal di gua-gua, berjuang untuk bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang keras dan hampir tidak berdaya melawan binatang buas. Untungnya, konstruksi telah menjinakkan dunia kita, membuatnya lebih cocok untuk kehidupan manusia yang aman dan nyaman; salah satunya berkat eksistensi teknik sipil.

Teknik sipil adalah jurusan dan gelar yang berguna; subjek menarik yang mengarah ke berbagai jalur karir dan kesempatan untuk mengubah dunia dan masyarakat secara positif. Jika kamu mempertimbangkan untuk belajar teknik sipil, baca 5 alasan utama mengapa mengambil jurusan saintek satu ini bisa menjadi keputusan terbaik yang pernah kamu buat!

Berinovasi Tiap Saat

Menjadi seorang lulusan teknik sipil berarti kamu dibayar untuk membuat dan berinovasi setiap hari. Selama karir mereka, para lulusan teknik sipil harus menangani berbagai proyek terlepas dari bidang keahlian atau pendidikan mereka. Faktanya, jurusan teknik sipil sebenarnya bukan hanya matematika yang membosankan; sebagian besar dari apa yang diajarkan oleh gelar teknik kepada mahasiswanya adalah cara belajar menciptakan. Jurusan teknik sipil mengajarkanmu bagaimana menjadi seorang insinyur. Itu berarti mengajarkanmu bagaimana memanfaatkan matematika, sains, dan pengetahuan yang tersedia untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan sesuatu yang luar biasa!

Berguna Bagi Banyak Orang

Sebagai seorang lulusan jurusan teknik sipil, kamu akan berkontribusi pada masyarakat dengan cara yang unik, membantu menciptakan dan mengembangkan infrastruktur yang meningkatkan kehidupan masyarakat. Apa yang KAMU lakukan di tempat kerja akan memberikan dampak yang bisa KAMU banggakan. Misalnya, para insinyur sangat terlibat dalam merancang dan menerapkan teknologi terbarukan yang bermanfaat bagi planet ini dan mereka baru-baru ini memainkan peran penting dalam memerangi pandemi COVID-19, menciptakan pengujian 'PCR' bebas lab dan ruang uji vaksin.

Bersinggungan dengan Teknologi Canggih

Teknik sipil terkait erat dengan penggunaan teknologi inovatif. Pada zaman kuno desain bangunan dilakukan oleh ahli matematika dan ilmuwan yang terampil, dan ada banyak bangunan dan struktur yang terpelihara dengan baik dari masa lalu yang masih ada sampai sekarang, seperti saluran air Romawi, amfiteater, istana Mesir kuno dan piramida Maya; tidak melupakan tembok besar Cina. Tapi apa yang dulunya sangat memakan waktu dan proses berbasis kertas telah direvolusi, dengan teknologi seperti CAD, BIM, VR dan AR, yang memungkinkan kita membangun gedung pencakar langit kaca besar, jalan raya pintar dan sistem transportasi hyperloop berkecepatan tinggi. Berkat inovasi teknologi, industri konstruksi kini menjadi bidang yang sangat terspesialisasi, membutuhkan anak-anak muda yang cerdas dan berpendidikan dari jurusan teknik sipil.

Peluang Koneksi

Sebagai lulusan teknik sipil, kamu akan terlibat langsung dalam infrastruktur yang memelihara dan memberdayakan komunitasmu. Banyak profesional teknik menganggap ini sangat 'rewarding'. Beberapa insinyur ahli dalam menciptakan konstruksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Yang lain mungkin berspesialisasi dalam keamanan dan keselamatan; kamu akan memiliki kesempatan untuk merekayasa struktur dan bangunan untuk menjaga keamanan penduduk dan meminimalkan risiko bahaya. Insinyur sipil di semua sektor juga memiliki peluang konstan untuk berinteraksi dengan orang lain – kamu harus berkomunikasi dan berkolaborasi dengan bisnis dan pemimpin lokal untuk membangun dan meningkatkan proyek komunitas. Bekerja dengan orang lain dalam proyek-proyek besar memberikan, dengan sendirinya, karir dan peluang yang bermanfaat.

Pendapatan Besar

Lulusan teknik sipil adalah beberapa calon pekerja dengan bayaran tertinggi di seluruh dunia. Sementara dokter mungkin mengalahkan mereka di beberapa sektor, pekerjaan teknik sipil secara konsisten membayar pendapatan yang baik hampir di mana pun mereka dibutuhkan. Lulusan yang baru saja menyelesaikan kuliah mereka dapat mengharapkan masa depan yang cerah. Jika kamu ingin menjadi kaya raya, kamu harus maju dalam dunia bisnis, tetapi jurusan teknik sipil dapat membantumu mencapainya. Menjadi seorang insinyur teknik sepanjang hidup tidak akan membuatmu tinggal di rumah mewah dalam sekejap, tetapi gelar dan kemampuanmu akan memastikan bahwa kamu tidak melewatkan tagihan dan bisa hidup dengan tenang.