*/?>

Hari Pertama Bekerja? Intip 5 Hal Wajib Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 Oct 2021
Sumber gambar : jobfied
Sumber gambar : jobfied

Berhasil dapat pekerjaan pertamamu? Selamat! Sudah lah rileks pikiranmu (setidaknya untuk sementara) setelah susah tidur menunggu panggilan perusahaan. Ratusan wawancara yang kamu ambil akhirnya berbuah juga, kini tinggal soal babak baru di mana kamu menjadi warga kantoran seperti yang lainnya! Gugup masuk kerja di hari pertama? Bingung harus bagaimana di depan calon rekan kerja? artikel inilah cocok untuk jadi makan malam-mu!

Riset Perusahaan Tempatmu Bekerja

Kamu seharusnya melakukan riset tentang perusahaan tersebut, bahkan sebelum wawancara pekerjaanmu; jauh sebelum mereka memutuskan akan menerimamu sebagai bagian dari perusahaan mereka. Nah, meskipun demikian, tidak ada salahnya membahas ulang bagian ini lagi, membiasakan dirimu dengan perusahaan, industri, dan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pekerjaanmu. Juga, jika kamu memiliki pertanyaan seputar dunia kerja pertamamu ini, adalah ide yang baik untuk mengeluarkannya dari dada selama minggu pertama bekerja. Ini akan membantumu untuk terlihat merasa percaya diri, berpengetahuan dan siap.

Riset Perjalanan ke Kantor

Pada hari pertama, kamu harus tiba antara 15 dan 30 menit lebih awal. Mereka yang melihatmu tak hanya tepat waktu tapi lebih awal dan antusias akan bisa memberimu nilai A di hari pertama. Kamu akan terlihat berkomitmen, sigap, dan itu akan memberimu kesempatan untuk mengucapkan "halo" sebelum hari kerja dimulai. Tentu saja, lalu lintas, dan/atau keadaan tak terduga semuanya dapat memengaruhi perjalananmu ke kantor, jadi disarankan, kamu harus benar-benar menghapal lokasi kantormu agar tak terlambat atau tersesat. Kalau perlu, catat rute-rute paling cepat yang dapat kamu tempuh agar semua berjalan mulus!

Jangan Underdressed

Tidak ada yang lebih buruk daripada berjalan masuk ke kantor pada hari pertamamu dan menyadari bahwa kamu underdressed. Kamu akan merasa malu atau bahkan mungkin merasa 'tak enak' dengan atasanmu. Maka dari itu, aspek kecil seperti berpakaian yang sesuai juga penting diperhatikan daripada menyesal nantinya! Nah, tak usah malu, kamu bisa bertanya kepada atasan barumu (atau kontak lain yang mungkin kamu miliki). Atau, jika perusahaan tempat kerjamu sangat terlibat di media sosial, kamu mungkin dapat melihat profil mereka dan melihat jenis pakaian yang dikenakan karyawan di sana. Kamu juga bisa dapat melihat halaman "Tentang Kami" di situs web mereka.

Bawa Peralatan Tulis Sendiri

Yup, kita semua tahu di jaman sekarang, semua serba komputer atau laptop; bahkan tablet kalau perlu. Tapi tak ada salahnya selalu siap sedia peralatan alat tulis sendiri. Alasannya, kamu tak akan pernah tahu bagaimana perusahaanmu nanti dan akan repot kalau ternyata mereka tak menyediakan stationary yang lengkap; yang diperlukan untuk menyelesaikan tugasmu. Maka dari itu, untuk hari-hari pertamamu bekerja, perlu untuk membawa hal-hal yang paling penting seperti pena, kertas dan kalkulator, apapun hal-hal kecil yang berhubungan dengan pekerjaanmu!

Yang Terpenting: Nikmati Prosesnya!

Selama beberapa minggu pertama, kamu sebenarnya memiliki sedikit kelonggaran untuk membuat kesalahan karena di masa ini, kamu masih belajar menyesuaikan diri dengan ritme perusahaan; jadi apa yang perlu dikhawatirkan? Nikmati saja prosesnya dan tak perlu gugup atau pesimis untuk kesalahan-kesalahan yang mungkin kamu perbuat di masa awal bekerja ini. Dalam waktu satu tahun, kamu akan melihat ke belakang dan berpikir semua ketakutanmu di hari-hari pertamamu bekerja itu lucu. Jangan khawatir karena kamu akan bisa karena terbiasa.