*/?>

Memahami Profesi Copywriter

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Oct 2021
Sumber gambar : Ruang Mahasiswa
Sumber gambar : Ruang Mahasiswa

Seorang copywriter menulis dengan maksud membujuk dan mempengaruhi audiens agar membeli barang atau jasa. Mereka memiliki pemahaman bawaan tentang dorongan manusia dan pengetahuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan dengan kata-kata dan saran. Jika kamu suka menulis, kamu dapat mempertimbangkan untuk menerapkan keterampilanmu pada bidang ini. Tapi apa sih sebenarnya pekerjaan seorang copywriter itu? Mari tilik bersama kuliahdimana.id di artikel kali ini!

Tugas Copywriter

Copywriter meneliti, merencanakan, dan membuat konten tertulis untuk tujuan mengiklankan barang dan jasa atas nama klien. Konten ini mencakup iklan, slogan, posting blog, email, surat penjualan, dokumen teknis, pidato, skrip, dan salinan situs web. Mereka memiliki keterampilan komunikasi tertulis yang kuat, melakukan penelitian ekstensif tentang subjek yang akan dikomunikasikan, dan sering mengikuti panduan gaya untuk memenuhi ringkasan iklan dan mencocokkan nada yang dimaksudkan untuk suatu konten. Tugas Copywriter antara lain:

  • Menentukan pendekatan periklanan dan nada suara, serta mempelajari produk untuk menentukan nilai jual utama produk tersebut.
  • Menulis copy penjualan untuk berbagai aplikasi media termasuk pers, radio, situs web, televisi, papan reklame, dan katalog
  • Berkolaborasi dengan departemen kreatif lainnya seperti pemasaran dan desain serta editor senior untuk memenuhi advertising brief.
  • Meninjau dan mengedit copy untuk memastikan kepatuhan terhadap panduan gaya dan standar profesional.
  • Meneliti dan menulis teknis, materi berbasis informasi dan dokumentasi untuk manual, buku teks, buku pegangan, dan produk multimedia.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Copywriter

Copywriting adalah keterampilan yang bisa diasah dengan latihan dan waktu. Meskipun persyaratan untuk menjadi copywriter sangat bervariasi dari satu posisi ke posisi lain, beberapa yang umum adalah:

  1. Keterampilan menulis, membaca, mengedit, dan proofreading
  2. Keterampilan riset produk yang baik
  3. Kemampuan yang kuat untuk mengatur waktu
  4. Kesadaran akan konten online dan berbagai strategi pemasaran
  5. Pengalaman dengan optimasi mesin pencari (SEO)
  6. Gelar dalam menulis, sastra Inggris, pemasaran, manajemen bisnis atau bidang terkait

Dimana Copywriter Bekerja?

  1. Copywriter agensi > Copywriter agensi akan melayani banyak klien, dan biasanya diharapkan bekerja penuh waktu. Kamu akan sering menyelesaikan proyek yang menantang dan membutuhkan kreativitas untuk membantu klien menciptakan identitas merek.
  2. Copywriter perusahaan > Copywriter perusahaan cenderung memiliki stabilitas pekerjaan lebih dan akan menulis untuk produk atau layanan yang ditawarkan hanya oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Posisi ini biasanya lebih konsisten dan membutuhkan lebih sedikit kreativitas
  3. Copywriter freelance > Copywriter freelance menawarkan jumlah kebebasan terbesar dalam hal materi komunikasi barang dan jasa, jenis proyek, dan komitmen waktu. Jadwalnya sangat fleksibel dan copywriter freelance dapat berkomitmen untuk pekerjaan sebanyak atau sesedikit mungkin.