*/?>

Sering Telat? Yuk Intip 4 Tips Agar Kamu Selalu On Time!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Oct 2021
Sumber gambar : minutes
Sumber gambar : minutes

Tidur merupakan kegiatan menyenangkan. Tapi kebanyakan tidur bisa membahayakan bagi kamu mahasiswa yang punya banyak pertemuan yang tak boleh terlewatkan. Kamu harus selalu on-time agar dosen tak marah dan kamu juga tak ketinggalan hal-hal penting di awal kelas. Mengetahui pentingnya menjadi mahasiswa yang on-time (yang di dunia kerja juga harus diterapkan kecuali kamu ingin dipecat di minggu pertama), kali ini kuliahdimana.id akan membagikan 4 tips dasar agar selalu on-time. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk cek bersama di artikel kali ini! 

Agedakan Sehari Sebelumnya

Jika kamu memiliki kelas atau pertemuan penting, catatlah kelas dan pertemuan penting ini di buku agenda, atau minimal di gadgets-mu. Bacalah agenda ini malam sebelum kamu tidur agar kamu ingat hal-hal penting apa yang harus kamu lakukan esok hari. Faktanya, dengan mengingat urgensi suatu kelas atau pertemuan, tubuhmu akan dengan sendirinya  'merasa harus bangun' tepat waktu. Nah, dengan kegiatan membaca agenda ini, kamu juga bisa lebih siap esoknya.

Persiapkan Dulu

Berhubungan dengan poin pertama, ini adalah soal tepat waktu di kala hampir terlambat. Jika kamu bangun 10 menit sebelum kelas dimulai tetapi kamu belum memasukkan laptop, buku dan barang-barangmu ke dalam tas, kamu sudah bisa dipastikan terlambat masuk kelas. Mempersiapkan barang-barang pentingmu sebelum tidur akan membantu mengurangi kecerobohan macam ini. Kemungkinan-mu datang ke kelas akan berkurang jika kamu bisa langsung meraih tas dan berjalan ke kampus daripada masih harus mengurusi hal-hal lainnya, bukan?

Pasang Alarm

Ini sih sudah wajib. Bahkan ada beberapa orang yang sampai pakai alarm berkali-kali tapi tetap terjebak dalam dunia mimpi. Meskipun demikian, kamu tetap harus mencoba memasang alarm; kalau perlu di berbagai gadgets yang kamu punya - dengan volume penuh khusus yang susah bangun. Pilihlah musik yang sesuai; jangan memasang alarm memakai musik yang calming tetapi pilihlah musik yang bernada cepat ditambah dentuman bass yang bisa membangunkanmu. Last be not least, jangan pakai musik kesukaanmu karena kamu akan membencinya kalau terlalu sering mendengarkannya sebagai pembangun tidurmu!

Jika Ada Jeda, Jangan Tidur

Nah, yang ini berlaku kalau kamu mengambil kelas sesi satu dan tiga dengan waktu kosong di sesi dua. Kalau ada jadwal kampus seperti ini, jangan pulang ke kos dan tidur! Kalau tidur, kamu bisa-bisa terlambat nantinya. Alih-alih tidur, kamu bisa nongkrong bersama teman yang juga punya sesi sama denganmu atau kamu juga bisa menghabiskan waktu di tempat favoritmu sekitar kampus. Perpustakaan juga bisa jadi opsi kalau kamu suka membaca. Manfaatkan waktu kosongmu dengan aktivitas agar tetap bisa datang ke kelas berikutnya dengan on time.