*/?>

Jadi Mahasiswa Produktif Dengan 4 tips Ini

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Oct 2021
Sumber gambar : oil the wheels
Sumber gambar : oil the wheels

Pernahkah kamu mendapati diri berkata, "Aku HARUS berhenti membuang-buang waktu!" kepada diri sendiri namun berakhir gagal? Jika iya, kamu munkin berhubungan dengan skenario ini: kamu bangun dengan daftar hal-hal yang perlu kamu selesaikan. kamu membuat kopi dan memeriksa HP, dan hal berikutnya yang kamu tahu, satu jam telah berlalu. Alih-alih memiliki pagi yang produktif, kamu hanya membuang waktu satu jam untuk melihat meme di Reddit.

Jika kamu terkurung dalam skenario ini, kamu harus melepaskan diri segera! Bagaimana? Yuk intip dari artikel kuliahidimana.id kali ini!

Kelola Waktu

Beberapa orang pandai mengelola anggaran, mengetahui berapa banyak uang yang mereka peroleh dan berapa pengeluaran bulanan mereka. Sebagai mahasiswa, kamu dapat melakukan akuntansi yang sama dengan waktumu. Catat selama seminggu berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk melakukan tugas sehari-harimu sebagai mahasiswa seperti masuk ke kelas tepat waktu, tugas, pertemuan sampai seminar yang harus kamu kunjungi. Adalah umum bagi orang untuk melebih-lebihkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas sederhana dan meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih besar. Jika kamu menulis dan melihat di atas kertas bagaimana kamu menghabiskan waktumu, itu akan membantumu mengelola waktu dengan lebih baik.

Skala Prioritas

Kita semua memiliki tugas yang harus dilakukan dengan tingkat kepentingan yang berbeda-beda. Beberapa hal perlu dilakukan sekarang, tugas lain harus segera diselesaikan, dan yang lain tidak penting atau mendesak. Tuliskan daftar tugas dan masukkan ke dalam salah satu dari 4 kategori:

  • Tugas yang penting dan mendesak harus diselesaikan terlebih dahulu.
  • Hal-hal yang penting tetapi tidak mendesak harus dilakukan selanjutnya.
  • Tugas-tugas yang tidak penting tetapi mendesak ditempatkan dalam kategori tersendiri.
  • Hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak termasuk dalam kategori terakhir.

Dengan kamu mengatur waktu dengan baik, kamu akan dapat meminimalkan stres ketika kamu memiliki sesedikit mungkin hal-hal dalam kategori mendesak dan penting. Hidupmu akan terasa paling seimbang ketika kamu menghabiskan waktumu dengan tepat seperti cara ini

Punya Tujuan Jelas

Jika kamu tidak tahu arah mana yang ingin kamu tuju atau tujuan dari apa yang kamu capai dengan belajar di bidang yang kamu pilih, kamu mungkin merasa seperti sedang memutar roda yang tak punya akhir. Tidak memiliki visi yang jelas tentang tujuan akhir atau gambaran yang lebih besar adalah salah satu penyebab paling umum dari penundaan setiap tugas kuliahmu. Terlalu sering, kita mendapati diri kita menunda sesuatu hanya karena kita tidak yakin harus mulai dari mana. Harusnya, kamu tidak perlu menunda-nunda untuk menghindari tugas, tetapi lebih untuk menghindari emosi negatif karena merasa dikejar-kejar waktu deadline. Lakukan selagi ada waktu dan buatlah target masa depanmu dengan jelas. Dengan begini, dorongan untuk berusaha akan main besar dan kamu tak akan menyia-nyiakan waktu dan menjadi lebih produktif.

Ubah Gaya Hidup

Orang dengan gaya hidup tidak sehat cenderung memiliki tingkat energi yang lebih rendah. Mereka tidak ingin melakukan banyak hal, yang mengarah pada penundaan banyak hal-hal penting. Apakah kamu tidak cukup tidur atau kamu memiliki pola makan yang tidak sehat yang membuatmu merasa lesu dan lelah, faktor gaya hidup dapat memainkan peran besar dalam motivasimu untuk bangun dan melakukan tugasmu sebagai mahasiswa. Faktor gaya hidup ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kebiasaan paling umum di antara orang-orang sukses adalah berolahraga di pagi hari. Melakukan hal ini menjadi preseden untuk hari itu dan memula hari dengan dorongan energi yang akan membuat mereka tetap termotivasi untuk terus bekerja keras.