*/?>

Memahami Profesi Arkeolog

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Oct 2021
Sumber gambar : career
Sumber gambar : career

Sejarah adalah teka-teki yang terdiri dari jutaan keping berbeda -- dari bangunan hingga tulang, dari piring hingga baju besi. Terserah para arkeolog untuk menemukan potongan-potongan ini dan menyatukannya menjadi gambaran masa lalu. Tapi apakah profesi seorang Arkeolog hanya sebatas itu? Hal apa lain apa saja yang perlu diketahui sebelum terjun ke bidang ini? Yuk intip bersama!

Tugas Seorang Arkeolog

Arkeolog bertugas menyelidiki situs bersejarah dan prasejarah dan sisa-sisa fisik untuk memahami hubungan manusia dengan masa lalu dan untuk melestarikan budaya masa lalu. Para arkeolog menemukan petunjuk tentang masa lalu. Mereka menggunakan berbagai teknik ekstraksi atau penggalian. Peralatan seperti sekop, kapak, dan bahkan buldoser membantu para arkeolog berkoordinasi dan berpartisipasi dalam kerja lapangan untuk mencoba menggali artefak, seperti tembikar, peralatan kuno, biji-bijian, atau tulang binatang. Para arkeolog juga bertanggung jawab atas konservasi artefak yang mereka pulihkan. Kegiatan ini biasanya melibatkan membawa item kembali ke lab untuk membersihkan, memulihkan, dan menstabilkannya benda masa lalau. Pengumpulan data adalah tugas utama arkeolog lainnya. Sebelum, selama, dan setelah penggalian, arkeolog mencatat catatan, gambar, sampel tanah, peta, pengukuran, dan informasi lain tentang situs arkeologi. Arkeolog tidak hanya untuk mencari informasi tetapi menggunakannya untuk mendidik. Banyak arkeolog adalah profesor dan terlibat dalam penerbitan dan pengajaran.

Dimana Arkeolog Bekerja?

Arkeologi adalah bidang karir khusus dengan banyak peluang kerja di berbagai industri. Arkeolog dapat bekerja untuk lembaga pemerintahan, perguruan tinggi dan universitas, museum dan situs bersejarah, dan perusahaan teknik yang memiliki divisi yang didedikasikan untuk manajemen penelitian budaya. Banyak arkeolog bahkan memulai perusahaan mereka sendiri atau bekerja untuk diri mereka sendiri sebagai konsultan. Garis besarnya, jurusan ini memberikan peluang karir yang luas dan tak terbatas sehingga patut dipertimbangkan.

Apakah Arkeologi Cocok Untukku?

Untuk tahu lebih lanjut bagaimana seluk beluk arkeologi sebagai karir, kamu tetntu perlu untuk mengikuti jenjang pendidikannya terlebih dahulu. Sebagai mahasiswa jurusan arkeologi, kamu akan belajar lebih dari masyarakat kuno seperti Maya, Mesir, dan Yunani. kamu juga akan mencari jawaban atas pertanyaan dari masa lalu yang lebih baru. Kalau kamu menyukai kegiatan seperti:

  • Menganalisis penemuan di lab
  • Mempelajari sejarah untuk mendapatkan latar belakang yang dibutuhkan untuk kerja lapangan
  • Menelusuri artefak dan tulang bekas peninggalan
  • Melakukan kegiatan penggalian yang melelahkan

Maka, jurusan ini akan cocok untukmu. Asal berjiwa petualang dan suka menelusuri masa lalu untuk mengetahui kejadian masa kini, arkeologi mungkin bisa menjadi karir panjang masa depanmu.