*/?>

10 Universitas Jurusan Ilmu Olahraga Paling Diminati

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 29 Oct 2021
Sumber gambar : university of canterbury
Sumber gambar : university of canterbury

Ilmu olahraga adalah studi tentang bagaimana tubuh manusia yang sehat bekerja selama berolahraga, dan bagaimana olahraga dan aktivitas fisik meningkatkan kesehatan – secara fisik, mental, dan sosial. Ruang lingkup ilmu olahraga menggunakan banyak studi dari bidang akademik lainnya, seperti fisiologi, psikologi, teknik, kimia, dan anatomi.

Jurusan ini adalah subjek yang relatif baru dan telah mendapatkan popularitas pada kuartal terakhir abad ke-20 karena olahraga dan kebugaran didekati lebih serius di dunia modern. Faktanya, ada kemajuan terobosan dalam teknologi dan kedokteran yang mempengaruhi dunia ilmu olahraga setiap hari. Topik yang dibahas meliputi apa yang terjadi dalam tubuh seorang olahragawan, peran pikiran dalam kinerja, nutrisi, dan manajemen bisnis dan olahraga, untuk membantu memahami sisi keuangan dan operasional industri olahraga.

Tertarik dengan jurusan ini? Yuk Intip 10 universitas jurusan ilmu olahraga paling diminati di Indonesia beserta daya tampungnya tahun ini dan peluang penerimaannya versi analisis kuliahdimana.id!

Universitas Peminat Tahun Lalu  Daya Tampung Tahun ini Peluang Penerimaan
Universitas Sebelas Maret 352  60 18.46%
Universitas Negeri Semarang 316 48 15.19%
Universitas Pendidikan Indonesia 304 60 19.74%
Universitas Negeri Surabaya 263 81 30.8%
Universitas Negeri Malang  234 54 23.08%
Universitas Negeri Makassar 175 48 27.43%
Universitas Negeri Padang  174 120 68.97%
Universitas Negeri Yogyakarta 152 48 31.58%
Universitas Negeri Jakarta 144 20 13.89%
Universitas Negeri Medan 138 120 86.96%

Nah, jika sudah mantap memilih universitas mana yang harus kamu pilih untuk menjajal jurusan ini, ada juga beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui. Misal, pengajaran ilmu olahraga di universitas biasanya dilakukan melalui kuliah, seminar, sesi laboratorium (untuk mempelajari fisiologi olahraga dan biomekanik), sesi praktis (di gym, ruang kebugaran, kolam renang dan lapangan terbuka) dan penelitian dan studi independen.  Penilaian didasarkan pada kursus (ujian tertulis, lisan atau praktik) dan laporan laboratorium.

Keterampilan yang dapat ditransfer yang diperoleh meliputi presentasi, penelitian dan komunikasi, serta pemahaman akademis yang lebih dalam tentang olahraga dan bagaimana atlet mencapai puncak jayanya. Ilmuwan olahraga sangat diminati dan ada pekerjaan yang meningkat pesat, karena permintaan atlet untuk memiliki keunggulan ekstra itu tumbuh seiring tumbuhnya teknologi. Ada banyak pilihan karir dan jalur untuk lulusan ilmu olahraga, termasuk menjadi pelatih, psikolog, pelatih pribadi, terapis olahraga, analis, guru atau bekerja di pemerintahan bidang terkait.