*/?>

Mengenal Program Studi Ilmu Gizi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Nov 2021
Sumber gambar : george washington university
Sumber gambar : george washington university

Apakah kamu ingin membantu orang hidup lebih lama dan lebih sehat? Atau tertarik memeriksa ketersediaan dan keamanan pangan di bagian dunia yang kurang maju? Kamu ingin memastikan pangan yang ideal dan baik bagi tubuh banyak orang? Jurusan Ilmu Gizi lah sasaranmu! Jurusan yang ada di lingkup saintek ini bisanya erat dengan jurusan seperti biologi dan matematika sehingga akan cocok untuk siswa lulusan IPA.

Tapi apa sih jurusan ilmu gizi sebenarnya? Kali ini kuliahdimana.id akan menjabarkanmu informasi terkait jurusan ilmu gizi jadi langsung saja, check this out!

Apa yang Dipelajari Dari Ilmu Gizi?

Kamu akan mulai dengan serangkaian kursus dasar dalam ilmu alam (berfokus pada biologi dan kimia), ilmu sosial dan matematika. Lalu, selama dua tahun pertama kurikulum, kamu akan diajak untuk menjelajahi bidang umum Ilmu Gizi sambil menjawab beberapa hal berikut:

  • Bagaimana pola diet mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan individu, komunitas dan populasi?
  • Apa mekanisme biologis yang melaluinya nutrisi mempengaruhi metabolisme?
  • Apa pola diet yang direkomendasikan untuk orang-orang dengan tingkat aktivitas dan kondisi medis yang berbeda?
  • Apa peran pemerintah dan bisnis dalam menyediakan pasokan makanan sehat yang dapat diakses dan dalam mempromosikan praktik makan sehat?

Di semester atas, kamu akan bisa memilih jurusan khusus: biologi nutrisi atau nutrisi dalam kesehatan masyarakat. Kamu akan mempelajari topik yang lebih maju dalam biologi serta kursus yang relevan dengan jurusanmu. Jika kamu memilih untuk mengambil jurusan nutrisi klinis, kamu akan memenuhi syarat untuk melamar magang terakreditasi  di Academy of Nutrition and Dietetics. Jika kamu memilih nutrisi dalam pilihan kesehatan masyarakat, kamu akan bisa mengambil kursus tambahan dalam ilmu sosial dan yang berhubungan dengan kesehatan dan mendapatkan pengalaman dalam menyajikan konsep nutrisi dalam pengaturan layanan publik.

Contoh Mata Kuliah Ilmu Gizi

Berikut merupakan beberapa dari banyak mata kuliah yang mungkin ditawarkan di jurusan Ilmu Gizi:

  1. Pengantar Aspek Fisiokimia dan Biologis Makanan, Kursus ini merupakan pengantar komprehensif untuk sifat fisik, kimia dan gizi makanan dan prinsip-prinsip dan praktek ilmu pengetahuan dan teknologi pangan.
  2. Nutrisi dan Penyakit, Kursus ini menggabungkan prinsip-prinsip nutrisi, biokimia, fisiologi, genetika, patologi dan farmakologi untuk memahami risiko penyakit, pencegahan, perkembangan dan manajemen. Kuliah menawarkan kesempatan bagi kelas untuk terlibat dalam diskusi artikel penelitian asli tentang topik yang diminati saat ini di bidang nutrisi dan kesehatan.
  3. Nutrisi Kesehatan Masyarakat, Nutrisi kesehatan masyarakat adalah jalur karir profesional utama bagi ahli gizi di luar ahli diet. Ini berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan diet dan status gizi seluruh populasi dengan bekerja di tingkat masyarakat, negara bagian dan nasional.

Profesi Setelah Lulus dari Jurusan Ilmu Gizi

Pilihan prfesi lulusan Ilmu Gizi cukup beragam. Kamu bisa menjadi Ilmuwan nutrisi yang akan mempelajari komponen makanan yang mungkin memegang kunci untuk hidup lebih lama, hidup lebih sehat. Ahli gizi dan ilmuwan gizi bekerja di laboratorium penelitian, perusahaan makanan, sistem kesehatan, organisasi kesehatan masyarakat, program pendidikan gizi dan kebijakan gizi. Selain itu, ahli gizi mendidik orang dalam pilihan makanan sehat, membantu mereka mengelola dan berpotensi mencegah penyakit umum.