*/?>

Mengenal Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 03 Nov 2021
Sumber gambar : Anshika Foundation
Sumber gambar : Anshika Foundation

Satu lagi jurusan atau program studi unik yang ada di Indonesia tapi tak banyak orang ketahui: Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Singkatnya, Ilmu kesejahteraan sosial berkorelasi dengan hubungan antara orang dan keadaan mereka. Jurusan ini mempelajari manajemen sosial di mana orang mampu menciptakan dan memberikan pelayanan sosial yang efektif, meningkatkan kebijakan dan program sosial dalam konteks individu, keluarga dan masyarakat.

Mau tahu lebih lengkap tentang jurusan satu ini? Segera mampir di artikel kali ini!

Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Apa yang Dipelajari

Jurusan ini akan mencakup pendidikan tentang pengetahuan teoritis yang signifikan, metodologi sosial dan keterampilan aplikatif. Pengetahuan teoretis diberikan untuk memberikan pemahaman dasar namun cukup tentang konsep yang mendasari kesejahteraan sosial. Metodologi sosial memberikan mahasiswa alat analisis untuk mempelajari isu-isu sosial saat ini. Sedangkan kuliah aplikatif diberikan untuk memberikan keterampilan dasar pencegahan dan rehabilitasi masalah dan kasus sosial.

Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial memungkinkan mahasiswanya untuk mempelajari kebijakan dan perencanaan sosial, manajemen organisasi berbasis layanan, masalah penyalahgunaan narkoba dan dampak sosial dari perkembangan globalisasi.

Opsi Bekerja Setelah Lulus

Dengan gelar di bidang kesejahteraan sosial, lulusannya akan memenuhi syarat untuk bekerja di lembaga nirlaba yang melayani kebutuhan masyarakat, serta departemen masa percobaan, sistem layanan di daerah, dan rumah sakit. Pekerja sosial dibutuhkan dalam organisasi dan pengembangan masyarakat, serta bekerja dengan lansia, anak-anak dan keluarga dan orang berkebutuhan khusus. Mereka juga dapat bekerja di sekolah, atau sebagai konselor penyalahgunaan zat, konselor pekerjaan atau dalam berbagai program khusus yang dirancang untuk membantu orang dan komunitas.

Universitas di Indonesia dengan Ilmu Kesejateraan Sosial

Berikut merupakan daftar universitas yang menyediakan jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial disertai jumlah peminatnya tahun lalu (data diambil dari kuliahdimana.id):

  1. Universitas Jember = 1040 peminat
  2. Universitas Padjajaran = 795 peminat
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga = 745 peminat
  4. Universitas Sumatera Utara = 573 peminat
  5. Universitas Indonesia = 491 peminat
  6. Universitas Bengkulu = 394 peminat
  7. Universitas Islam Negeri Alauddin = 141 peminat 

Ps: kalian dapat mengakses data jurusan, jumlah peminat, daya tampung dan peluang penerimaan di kuliahdimana.id hanya dengan login. Yuk buruan bergabung!