*/?>

Membangun Diri Sendiri Menjadi Luar Biasa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 03 Nov 2021
Sumber gambar : dictionary
Sumber gambar : dictionary

Manusia di dunia, kalau digeneralisir, memiliki 2 jenis. Yang satu si luar biasa, yang prestasinya sekelas manca negara atau si satunya lagi, yang hidupnya biasa-biasa saja, alias medioker. Memang tak ada salahnya jadi manusia kategori kedua, tak ada yang mengharuskan kita terus berlomba dengan waktu mencapai cita-cita yang rasanya sangat jauh dari starting point kita. Tetapi, juga tak ada salahnya berusaha menjadi mereka yang berusaha mencapai puncaknya, yang secara subjektif, tentu berbeda-beda pula. 

Sarannya, selagi masih muda, yang punya tenaga untuk bersaing, kamu bisa mencoba menjadi si luar biasa. Kamu bisa mencoba menaiki tangga hirarki dan menjadi orang yang lebih sukses! Bagaimana caranya? Ikuti 4 tips di bawah ini!

Bangun Lingkungan yang Tepat

Faktor-faktor lingkungan seperti tempat kamu berada dan orang-orang di sekitarmu dapat mengubah caramu berpikir, bertindak, dan melakukan lebih dari yang kamu harapkan. Jika semua yang mengelilingimu adalah orang-orang yang berpikir terlalu banyak untuk bangun pagi-pagi untuk melakukan apa yang perlu dilakukan, yang menghabiskan Jumat malam di bar, dan yang tidak peduli jika mereka bahkan harus melakukan sesuatu untuk membuat tanda mereka di dunia ini, kamu juga akan menjadi seperti itu. Alih-alih, kelilingi diri dengan orang-orang yang lebih pintar darimu, dan latihlah metode dan taktik mereka sehingga kamu dapat terus mengungguli dirimu sendiri.

Think Big

Kebanyakan orang biasa-biasa saja tak mau untuk berpikir luas sambil terlalu takut mengambil tindakan ke arah pemikiran besar mereka. Mereka melakukan apa yang diharapkan masyarakat atau lingkungan mereka dan jarang mengejar sesuatu untuk diri mereka sendiri. Untuk menghindari si biasa-biasa saja, kamu harus mau berpikir besar. Tetapkan tujuan besar dan capai dengan membuat kemajuan kecil ke arah tujuan itu setiap hari. Misal, kamu ingin menjadi presiden, kamu bisa memupuk cita-cita itu sejak hari ini lalu melakukan tindakan-tindakan yang akan membawamu lebih dekat dengan mimpi itu; entah masuk ke jurusan kuliah yang tepat atau mulai mengikuti organisasi berbau politik.

Menguji yang Mustahil

Ketika seseorang mengatakan suatu hal tidak bisa dilakukan, atau tidak mungkin, kamu harus menjadi orang pertama yang mengujinya. Ujilah, lihat apakah hal itu benar-benar tidak mungkin, dan jika mungkin, buatlah hal yang tampaknya mustahil itu berhasil. Jadilah orang yang dituju semua orang jika mereka menginginkan sesuatu yang terlalu sulit ditangani. Itu akan membuat kamu jauh di atas rata-rata melalui keterampilan yang kamu pelajari dalam menangani masalah yang sulit, tidak pernah menyerah, dan dengan menyadari bahwa potensimu jauh lebih besar daripada yang kamu yakini selama ini!

Percaya Kemampuan Diri Sendiri

Keraguan itu seperti wabah, dan meragukan diri sendiri secara berlebihan itu mematikan. Meragukan apakah kamu bisa melakukan ini atau itu. Meragukan apakah kamu bisa melakukan hal-hal dengan baik. Meragukan apakah kamu cukup pintar. Meragukan segala hal yang berputar bawah matahari! Istilahnya, kamu seperti mencoba memenangkan perlombaan sepeda sambil takut mengayuh lebih cepat. Pertanyaannya, kapan kamu akan bisa pernah di perlombaan sepedamu kalau kamu ragu tak percaya kalau kamu bisa mengayuh lebih cepat?