*/?>

5 Buku Mahasiswa Arsitektur Wajib Baca

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Nov 2021
Sumber gambar : california college of the arts
Sumber gambar : california college of the arts

Arsitektur adalah salah satu bidang paling multidisiplin di luar sana, mengintegrasikan desain lansekap, desain interior, perencanaan kota, sejarah dan filosofi. Tidak ada satu cara pun untuk mengembangkan pendidikan arsitektur yang sepenuhnya komprehensif. Kabar baiknya adalah, ini memungkinkan seseorang memiliki kebebasan untuk membentuk pemahaman melalui beragam sumber daya pendidikan.

Menawarkan berbagai perspektif melalui berbagai format tertulis, buku-buku yang berhubungan dengan arsitektur sangat beragam sifatnya. Luasnya buku-buku ini memberikan nilai bagi semua peserta didik tanpa memandang keahlian. Di bawah ini adalah kumpulan dari beberapa buku arsitektur paling penting yang telah terbukti menjadi sumber pengantar yang sangat berguna bagi mahasiswa dan profesional, let's check it out!

Towards a New Architecture

Karya klasik ini merupakan kumpulan esai yang ditulis oleh Le Corbusier yang mengadvokasi dan mengeksplorasi konsep arsitektur modern. Buku ini merupakan manifesto untuk generasi arsitek dan tidak diragukan lagi merupakan bagian penting dari teori arsitektur. Pengaruh yang tak tertandingi itu terus berlanjut, tanpa henti, hingga abad ke-21. Buku polemik itu berisi tujuh esai. Setiap esai menolak tren kontemporer eklektisisme dan art deco, menggantikannya dengan arsitektur yang dimaksudkan lebih dari sekadar eksperimen gaya; melainkan, sebuah arsitektur yang secara fundamental akan mengubah cara manusia berinteraksi dengan bangunan. Cara hidup baru ini berasal dari semangat baru yang mendefinisikan era industri, menuntut kelahiran kembali arsitektur berdasarkan fungsi dan estetika baru berdasarkan bentuk murni.

Design Like You Give a Damn 2: Building Change from the Ground Up

Design Like You Give a Damn adalah buku pegangan yang sangat diperlukan bagi siapa saja yang berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan. Menyusul kesuksesan buku pertama mereka, Architecture for Humanity menghadirkan edisi berikutnya kepada pembaca, dengan lebih dari 100 proyek dari seluruh dunia. Dikemas dengan solusi desain yang praktis dan cerdik, buku ini membahas kebutuhan akan tempat tinggal dasar, perumahan, pendidikan, perawatan kesehatan, air bersih, dan energi terbarukan. Wawancara satu lawan satu dan studi kasus yang provokatif menunjukkan bagaimana desain inovatif menata ulang komunitas dan meningkatkan kesejahteraan. Dari inovasi bahan bangunan seperti beton pemakan asap hingga kebijakan publik inovatif yang mengecat daerah kumuh perkotaan Brasil, Design Like You Give a Damn berfungsi sebagai panduan cara bagi siapa saja yang ingin membangun perubahan dari bawah ke atas.

Yes is More. An Archicomic on Architectural Evolution

Tidak seperti monografi arsitektur pada umumnya, buku ini menggunakan format buku komik untuk mengekspresikan agenda inovatifnya tentang arsitektur kontemporer. Buku ini juga merupakan dokumentasi komprehensif pertama di mana metode, proses, instrumen, dan konsep terus-menerus dipertanyakan dan didefinisikan ulang. Atau, seperti yang dikatakan penulisnya sendiri: “Secara historis, arsitektur didominasi oleh dua ekstrem yang berlawanan: avant-garde yang penuh dengan ide-ide gila, yang berasal dari filsafat atau mistisisme; dan konsultan korporat yang terorganisir dengan baik yang membangun kotak standar tinggi yang dapat diprediksi dan membosankan," Bjarke Ingels menarik rekan kerja yang sangat berbakat, tetapi juga ambisius dari seluruh dunia. Dia kemudian menciptakan sinergi cerdas dan mengubahnya menjadi solusi yang mengejutkan, fungsional, berharga, dan indah dalam bentuk tulisan yang dapat di akses siapa saja.

A Pattern Language: Towns, Buildings, Construction

Inti dari buku-buku ini adalah gagasan bahwa orang harus merancang rumah, jalan, dan komunitas mereka sendiri. Ide ini mungkin radikal tetapi pemikiran ini datang dari pengamatan bahwa sebagian besar tempat indah di dunia tidak dibuat oleh arsitek tetapi oleh mereka yang terlibat langsung dalam komunitas tersebut. Inti dari buku ini juga adalah poin bahwa dalam mendesain lingkungan mereka, orang selalu bergantung pada "bahasa" tertentu, yang, seperti bahasa yang kita gunakan, memungkinkan mereka untuk mengartikulasikan dan mengomunikasikan variasi desain yang tak terbatas. Buku ini menyediakan bahasa semacam ini, yang akan memungkinkan seseorang untuk membuat desain untuk hampir semua jenis bangunan, atau bagian mana pun dari lingkungan mereka. Seperti yang penulis katakan dalam pendahuluan mereka, banyak pola adalah pola dasar, berakar begitu dalam pada sifat  manusia, dan tindakan manusia itu sendiri.

The Architecture Reference & Specification Book: Everything Architects Need to Know Every Day

Sebagian besar referensi standar arsitektur berisi ribuan halaman detail—jauh lebih banyak daripada yang perlu diketahui para arsitek sebenarnya. Buku The Architecture Reference & Specification Book: Everything Architects Need to Know Every Day berisi informasi penting yang penting untuk merencanakan dan melaksanakan proyek arsitektur dari segala bentuk dan ukuran, dalam format yang cukup kecil untuk dibawa ke mana saja. Buku ini berhasil menyaring data yang disediakan tentang volume arsitektur standar dan merupakan referensi yang mudah digunakan untuk jenis informasi arsitektur yang paling diperlukan—dan paling banyak diminta oleh para klien di seluruh dunia.