*/?>

Masuk Dunia Kesehatan Tanpa Pilih Jurusan Kedokteran? Cek 4 Jurusan Unik Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Nov 2021
Sumber gambar : pendidikan kedokteran
Sumber gambar : pendidikan kedokteran

Perawatan kesehatan berkualitas tinggi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kita. Kemajuan dalam perawatan kesehatan memungkinkan para profesional untuk menjangkau lebih banyak individu, mencegah dan mengobati penyakit, serta meningkatkan kesehatan orang-orang di setiap tahap kehidupan — mulai sebelum lahir hingga usia lanjut.

Untungnya, banyak perguruan tinggi dan universitas yang menawarkan jurusan sarjana di bidang medis untuk mempersiapkan siswa untuk karir di banyak aspek perawatan kesehatan. Jika bidang perawatan kesehatan menarik bagimu, kamu pasti akan menemukan ceruk yang sesuai dengan keahlian dan preferensimu. Apa saja pilihan jurusan yang bisa kamu ambil selain jurusan kedokteran? Yuk cek bersama di sini!

Biologi

Jurusan biologi mencakup berbagai organisme hidup dari sel hingga manusia. Kamu akan menemukan bagaimana organisme yang berbeda hidup dan berkembang biak, dan kelas yang kamu ambil akan menunjukkan bagaimana berbagai organ bekerja sama untuk membuat manusia sebagai mahluk hidup tetap hidup. Kamu tidak hanya akan belajar tentang organisme yang hidup hari ini, tetapi kamu juga akan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk menemukan makhluk yang hidup jauh sebelum manusia. Biologi adalah jurusan yang tepat jika kamu ingin belajar sebanyak mungkin tentang kehidupan dan berbagai bentuknya.

Ilmu Keperawatan

Jurusan ilmu keperawatan menekankan pemikiran kritis, penilaian klinis dan pelayanan kepada orang lain. Kamu akan mengeksplorasi persilangan antara pembelajaran teoretis dan praktis; menghabiskan waktu di kelas, mempelajari ilmu pengetahuan, humaniora, dan dasar-dasar keperawatan dan pemberian perawatan kesehatan sekaligus menerapkan pengetahuan ini di lab mempelajari seluk beluk karir di bidang keperawatan. Jurusan ilmu keperawatan akan mempersiapkanmu untuk mengejar jalur karir yang berbeda dalam berbagai pengaturan perawatan kesehatan. Kamu dapat bekerja di lini perawatan kesehatan klinis, seperti rumah sakit, kantor dokter, atau pusat perawatan darurat. Kamu juga dapat mencari posisi kepemimpinan dalam peran administrasi keperawatan atau jalur penelitian.

Fisiologi

Jurusan fisiologi akan berfokus pada manusia dan cara kerjanya. Meskipun kamu tidak akan mempelajari semua yang perlu kamu ketahui untuk mulai bekerja sebagai dokter, mempelajari fisiologi adalah titik awal yang sempurna bagi calon ahli medis mana pun. Topik-topik yang kamu pelahari di kelas akan membuatmu lebih mudah memahami konsep-konsep medis yang akan kamu pelajari di masa depan. Kelasmu akan dimulai dengan pengenalan tubuh manusia. Kamu kemudian akan membahas berbagai area tubuh manusia dan peran yang mereka mainkan dalam kehidupan sehari-hari. Saraf, kerangka, pernapasan, dan otot hanyalah beberapa dari sistem yang tercakup dalam jurusan ini.

Psikologi

Jurusan psikologi membantumu memahami pikiran dan bagaimana orang membuat keputusan. Kamu akan menemukan masalah yang mencegah pasien untuk terbuka dengan profesional medis mereka dan cara mengatasinya. Jurusan ini juga menawarkan wawasan tentang motivasi, inspirasi, dan bagaimana manusia memiliki keinginan untuk berkembang. Kamu  akan belajar tentang masalah kesehatan mental dan hal-hal yang menyebabkannya. Kamu akan belajar bagaimana berkomunikasi dengan pasien dengan cara yang meningkatkan kepercayaan dan keterbukaan. Kamu tidak hanya belajar bagaimana membantu pasien, tetapi kamu juga akan menemukan bagaimana mengatasi tantangan emosional yang akan kamu hadapi sepanjang karirmu.