*/?>

Mengenal Program Studi Biokimia

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 05 Nov 2021
Sumber gambar : mount holyoke college
Sumber gambar : mount holyoke college

Biokimia adalah cabang ilmu yang mempelajari proses kimia di dalam dan terkait dengan organisme hidup. Ini adalah ilmu berbasis laboratorium yang menyatukan biologi dan kimia. Dengan menggunakan pengetahuan dan teknik kimia,  para ahli biokimia dapat memahami dan memecahkan masalah biologi. 

Di ranah pendidikan, karena luasnya, biokimia sangat penting dan kemajuan dalam bidang ilmu ini selama 100 tahun terakhir telah mengejutkan. Saat Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk menjadi bagian dari bidang studi yang menarik ini. Jika masih kurang yakin, di artikel kuliahdimana.id kali ini, kita akan bersama-sama membahas jurusan biokimia!

Apa Itu Jurusan Biokimia? 

Jurusan biokimia merupakan jurusan yang solid baik dalam biologi dan kimia. Jurusan ini mengambil beberapa bidang biologi yang berfokus pada berbagai aspek subjek, yang mungkin mencakup genetika, biologi molekuler, biologi sel dan biokimia, serta bidang kimia yang menelusuri konsep-konsep seperti kimia umum, organik dan fisik. Pada tingkat lanjut, jurusan biokimia akan sampai pada bahasan di ranah kimia anorganik, neurobiologi, kimia biofisik, dan genomik komputasi.

Secara luas, biokimia  sendiri berfokus pada proses yang terjadi pada tingkat molekuler; berfokus pada apa yang terjadi di dalam sel mahluk hidup, mempelajari komponen seperti protein, lipid, dan organel. Lalu melihat bagaimana sel berkomunikasi satu sama lain, misalnya selama pertumbuhan atau melawan penyakit. Biokimia mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk genetika, mikrobiologi, forensik, ilmu tanaman dan kedokteran.

Mata Kuliah di Jurusan Biokimia

Beberapa dari hal-hal yang dibahas ini memerlukan laboratorium yang menyertainya, di mana mahasiswanya dapat melakukan eksperimen yang mungkin mencakup enzimologi, pemurnian protein dan ekspresi gen, dan dapat mengeksplorasi metode seperti kloning DNA dan hibridisasi RNA. Di laboratorium, jurusan biokimia menggunakan kerja tim untuk menyelesaikan eksperimen dan mempelajari dasar-dasar penulisan ilmiah untuk mencatat pengamatan dan kesimpulan mereka dalam laporan.

Berikut beberapa mata kuliah di jurusan biokimia meliputi:

  1. Struktur dan Fungsi Subseluler
  2. Kinetika Kimia
  3. Biologi Molekuler
  4. Integrasi dan Regulasi Metabolisme
  5. Teknologi Asam Nukleat dan Protein
  6. Kolokium
  7. Matematika Dasar
  8. Pengantar Ilmu Pertanian
  9. Kalkulus
  10. Genetika Dasar
  11. Mikrobiologi Dasar
  12. Biofisika Umum
  13. Kimia Organik
  14. Kimia Fisik
  15. Kimia Anorganik
  16. Kimia Analitik
  17. Struktur dan Fungsi Biomolekul
  18. Metabolisme
  19. Instrumentasi Bioanalisis
  20. Bioenergetika
  21. Biokimia Lingkungan
  22. Biokimia Klinis
  23. Biokimia Nutrisi
  24. Bioindustri
  25. Biokimia Tumbuhan
  26. Biosinyal
  27. Bioinformatika
  28. Imunokimia

Keterampilan yang Diasah di Jurusan Biokimia

Di jurusan biokimia, kamu dapat mengembangkan keterampilan termasuk:

  • Keterampilan menganalisis dan pemecahan masalah
  • Keterampilan bekerja di laboratorium
  • Keterampilan menganalisis numerik dan data
  • Keterampilan komunikasi verbal
  • Keterampilan untuk kerja tim dan komunikasi
  • Keterampilan di bidang IT
  • Keterampilan menerapkan integritas dan etika ilmiah
  • Keterampilan menulis dengan ketelitian ilmiah
  • Keterampilan berpikir kreatif

Jurusan biokimia memberi mahasiswanya landasan yang dapat membawa mereka ke mana karir pun mereka mau. Beberapa dari banyak jalur karir yang dapat dipilih meliputi: kedokteran, penelitian, farmasi, hukum, dan keperawatan. Atau mereka juga dapat mengajar, melayani atau langsung bekerja di bidang yang terkait dengan sains.