*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Geologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 10 Nov 2021
Sumber gambar : bsu.edu
Sumber gambar : bsu.edu

Ada begitu banyak alasan untuk mempelajari geologi, mulai dari membuat penemuan baru hingga belajar lebih banyak tentang dunia tempat kita hidup. Beberapa masalah paling vital dalam masyarakat dipelajari di bawah geologi dan termasuk perubahan iklim, energi, pengelolaan air, sumber daya alam, dan lainnya. Lalu juga bahaya, dampak pembangunan terhadap lingkungan, dan sebagainya.

Mau tahu alasan lain mengapa kamu harus memilih jurusan satu ini? Yuk cek di sini!

Berpikir Global

Dengan belajar di jurusan geologi, kamu akan dilatih untuk  berpikir dalam skala global. Sirkulasi laut, abu vulkanik di udara, lempeng bertabrakan, gempa bumi mengguncang planet. Semua hal ini (dan lebih banyak lagi) adalah proses yang direnungkan oleh para ahli geologi dalam skala global.Jadi, lingkup studinya luas dan berhubungan langsung dengan kelangsungan hidup planet kita. Bagi kamu yang tertarik dengan bagaimana bumi bisa 'bernyawa', akan menganggap geologi sebagi jurusan yang paling tepat untukmu.

Gudang Soft Skill

Lulusan geologi hebat dalam pemikiran spasial dan memiliki keterampilan organisasi yang baik. Dengan informasi yang lengkap, mereka dapat menyelesaikan suatu masalah atau bahkan berpikir out of the box jika informasi yang tersedia tidak lengkap. Kemampuan mental yang digunakan oleh lulusan geologi lebih dipelajari daripada yang merupakan bawaan. Arinya, semasa kuliah, kamu juga bisa mengasah kemampuan pikir ini. Dengan latihan dan aplikasi yang konstan, kamu akan bisa mengembangkan kemampuan ini di mana kemampuan ini adalah bagian dari apa yang membuatmu menjadi ahli geologi yang hebat.

Sering Kerja Lapangan

Hal terbaik tentang berpikir secara global dan ingin mengamati dunia? Ini mendorongmu untuk keluar dan mngeksplor dunia secara lebih dekat. Sebagian besar ahli geologi mendambakan waktu mereka untuk melakukan "pekerjaan lapangan" dan jika kamu seorang ahli geologi nantinya, kamu mungkin akan pergi di beberapa titik untuk melakukan penelitian lapangan, di mana kamu dapat melakukan pengamatan, mengumpulkan sampel, dan memikirkan proses geologi sambil mendaki beberapa lanskap paling spektakuler, misal Pegunungan Andes Chili, Selandia Baru, Air Terjun di Amerika Utara bagian barat, Hawaii, pantai Maine, gurun California dan masih banyak lagi.

Peluang Karir Tak Terbatas

Ada banyak peluang kerja yang tersedia untuk lulusan geologi seperti mengajar, bekerja di lembaga pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan bahkan perusahaan konsultan lingkungan. Selain terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data, semua ahli geologi diberi mandat untuk menggunakan komputer untuk menyusun hasil, menganalisis temuan penelitian, melakukan perhitungan, dan sebagainya. Jika kamu adalah seseorang yang terpesona oleh pekerjaan teknologi, jurusan ini mungkin pilihan terbaik untukmu!

Menolong Orang Lain

Daerah yang rawan banjir dan letusan gunung berapi, serta saat-saat ketika bencana alam akan terjadi, telah menjadi bagian dari perhatian para ahli geologi dan mereka membantu menyelamatkan nyawa orang-orang yang tinggal di daerah tersebut. Jadi, kalau kamu adalah seseorang yang ingin terjun langsung menjadi bagian dari 'time penyalamat', maka masuk jurusan geologi bisa jadi cocok untukmu!