*/?>

Mahasiswa, Ini 4 Cara Tetap Positive Thinking Di Kala Banyak Tugas!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Nov 2021
Sumber gambar : being positive thinking
Sumber gambar : being positive thinking

Jadi mahasiwa bukan perkara mudah. Apalagi di masa pandemi ketika dosen cuma mau titip tugas tapi jarang mengajar. Di situasi ini, kebanyakan dari kita pasti cuma bisa pasrah lalu mengerjakan gunung-gunung tugas itu sambil misuh-misuh dalam hati. Di level lebih parah, tugas-tugas ini bisa juga membuat beberapa di antara kita jadi stress sendiri - situasi ini bahaya!

Stress tentunya perlu dihindari. Dan sebagian dari kalian gagal mungkin melakukannya karena pikiran negatif yang mirip rayat saat melihat kayu. Nah, bagaimana sih cara agar menjaga pikiran tetap positif di kala tugas-tugas kuliah yang tak ada habisnya ini menghantam? Yuk tilik di sini!

Atur Suasana Sebelum Mengerjakan Tugas

Entah membersihkan ruang belajarmu, membuang sampah-sampah di situ dan membuka jendela lebar-lebar; kegiatan ini akan membuatmu lebih semangat mengerjakan tugas, loh! Tambah lagi dengan alunan lagi kesukaan disertai sedikit cemilan di pinggir meja, lengkap sudah! Tapi jangan sampai terbawa terlalu nyaman dan ingat tujuanmu sebelumnya: mengerjakan tugas!

Tak Sesuai Rencana? Itu Biasa!

Hal tak terduga saat mengerjakan tugas kuliah adalah hal wajar. Memang menyebalkan kalau kamu merasa sudah hampir selesai di satu tugas ini dan henak melaju ke tugas selanjutnya tetapi kamu menemukan error dan harus kembali menilik satu tugas ini. Perlu kamu ketahui, hal-hal yang di luar rencana bisa saja terjadi kapan saja dan meletakkan emosimu di tempat yang tepat adalah jawabannya. Jangan terpuruk lalu berhenti sebab menunda saat ini artinya hari esok yang lebih sibuk. Kalau rasa stress mulai menghampiri, ambil beberapa saat untuk istirahat lalu mulailah kembali megerjakannya!

Cari Teman yang Membawa Vibe Positif

Ini adalah langkah paling utama yang mesti kamu tempuh agar tak mudah stress saat tugas kuliah menumpuk. Teman-teman ini akan mampu mengubah cara pandangmu, membuat yang kelihatan sukar jadi lebih mudah. Kalau kamu terjebak di antara mereka yang lebih banyak mengeluh daripada mulai mengerjakan tugas satu per satu, maka kecenderunganmu untuk ikut terseret arus negatif mereka akan lebih mungkin terjadi. 

Reward Yourself

Selesai satu tugas? Ambil sesendok es krim-mu sambil berkata pada diri sendiri, 'Satu rintangan sudah aku lewati!" Yup, terdengar konyol tapi dengan cara ini lah kamu akan terhindar dari rasa tertekan. Daripada fokus pada jumlah angka tugas yang belum terselesaikan, fokuslah dengan bagaimana aku berhasil menguruangi beban-beban itu hari ini! Cara ini terbukti jitu sebab dengan kamu memperlakukan dirimu baik, maka pikiran positifmu juga akan muncul bersamaan dengan tindakan-tindakan positif itu!