*/?>

Intip 5 Software yang Paling Sering Digunakan Animator Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 Nov 2021
Sumber gambar : international design school
Sumber gambar : international design school

Ketika memilih perangkat lunak animasi terbaik untuk proyekmu bukan lah hal mudah. Kamu harus memperhatikan apa gaya animasi yang akan kamu, fitur perangkat lunak yang tersedia, alat, dan opsi ekspor, interoperabilitas dan kompatibilitas, serta kemudahan penggunaan secara keseluruhan. Nah, pertanyaannya adalah: bagaimana kalau kamu masih sangat baru di dunia animasi dan literally belum mengenal satu pun perangkat lunak khusus animasi yang ada di pasaran? Jawabannya adalah memperkenalkanmu dengan beberapa yang paling populer!

Di bawah ini merupakan 5 perangkat lunak animasi yang paling sering digunakan animator-animator hebat dunia, dari yang paling rumit sampai yang juga disukai pemula. Apa saja perangkat lunak tersebut? Yuk cek di sini!

Toon Boom Harmony

Toon Boom Harmony adalah perangkat lunak animasi 2D terkemuka di industri animasi. Kamu dapat menggunakannya untuk animasi frame-by-frame atau animasi rig. Bahkan, jika kamu terbiasa menggambar animasi dengan tangan, perangkat lunak ini menawarkan alat yang unik dan kuat untuk memindai hasil gambarmu. Meskipun perangkat lunak ini cocok untuk pemula, itu tidak terbatas pada mereka yang baru memulai. Studio besar telah menggunakan Toon Boom Harmony untuk membuat konten animasi seperti “Rick and Morty,” “Family Guy,” dan “SpongeBob SquarePants.”

Autodesk Maya

Banyak animator pemula ingin tahu: Perangkat lunak animasi apa yang digunakan Disney? Nah, tidak perlu mencari lagi—sementara artis Disney menggunakan berbagai perangkat lunak animasi, salah satu pilihan yang paling populer adalah Autodesk Maya! Bagi banyak animator profesional dan studio animasi, Autodesk Maya adalah standar industri. Perangkat lunak animasi 3D ini sangat ideal untuk pembuatan karakter, pemodelan, simulasi, grafik gerak, dan banyak lagi -  telah digunakan untuk membuat animasi untuk film termasuk "Finding Nemo," "Monsters, Inc.," dan "Avatar."

Cinema 4D

Cinema 4D adalah perangkat lunak animasi 3D yang ideal untuk animator di setiap level, dari pemula hingga pro. Awalnya dikembangkan untuk Amiga (perusahaan komputer yang tidak lagi berproduksi), perangkat lunak ini sekarang tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac. Selain animasi, kamu dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk pemodelan, pencahayaan, tekstur, efek visual, dan banyak lagi. Cinema 4D memiliki antarmuka yang intuitif, serta tata letak yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu dalam menciptakan animasi.

Adobe Animate

Jika kamu ingin membuat kartun tradisional, Adobe Animate adalah pilihan perangkat lunak animasi 2D yang sesuai. Dengan perangkat lunak ini, kamu akan memiliki akses untuk menganimasikan berbagai hal menggunakan berbagai teknik yang berbeda, termasuk digambar tangan, animasi frame-by-frame, serta puppet animation, yang memungkinkanmu untuk memanipulasi rig karakter tanpa menggambar ulang. Kamu bahkan dapat mengimpor karakter yang dibuat di Procreate atau alat ilustrasi lain dan menganimasikannya dalam perangkat lunak satu ini!

Pencil2D

Perangkat lunak animasi 2D yang lebih tradisional, Pencil2D memungkinkan pengguna untuk membuat adegan animasi yang digambar tangan. Pencil2D adalah platform sumber terbuka, sehingga banyak pengguna—bahkan kamu—dapat berkontribusi fiturnya, menjadikannya opsi perangkat lunak animasi gratis terbaik di kelasnya. Perangkat lunak ini menawarkan kemampuan bagi pengguna untuk beralih dengan mulus antara raster (juga dikenal sebagai bitmap) dan alur kerja vektor. Secara keseluruhan, perangkat lunak ini cukup minim dan mudah digunakan. Namun, animator tingkat lanjut mungkin tidak menemukan bahwa fitur tersebut cukup kuat untuk preferensi mereka.