*/?>

Berkecimpung dengan Komputer, Teknologi Informasi Melalui 5 Jurusan ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Nov 2021
Sumber gambar : Palm Beach Atlantic University
Sumber gambar : Palm Beach Atlantic University

Tumbuh dewasa, kamu mungkin selalu suka "bermain" komputer dan terpesona oleh kekuatan dan potensi mesin yang selalu ada ini. Tetapi jika kamu ingin mengubah minatmu pada komputer menjadi karir, maka ada banyak hal untuk diteliti dan dipertimbangkan, salah satunya memilih jurusan tepat yang berhubungan langsung dengan komputer. Maka dari itu, di artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa jurusan populer yang bisa membawamu lebih dekat dengan dunia teknologi, komputer!

Administrasi Sistem Jaringan

Jurusan administrasi sistem jaringan akan mengajarimu cara mengelola dan memelihara jaringan perangkat keras, perangkat lunak, pemrogram, pengguna, dan data organisasi dan lokasi tertentu. Ini adalah rangkaian tanggung jawab yang rumit yang membutuhkan banyak pendidikan agar lulusan administrasi sistem jaringan dapat menginstal, mengkonfigurasi, dan mendukung jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), dan sistem Internet organisasi dengan benar, ia juga perlu memiliki pengalaman yang luas pula.

Sains Data

Jurusan Ilmu Data membekali mahasiswanya untuk menarik kesimpulan yang masuk akal dari data dalam konteks, menggunakan pengetahuan tentang inferensi statistik, proses komputasi, strategi manajemen data, pengetahuan domain, dan teori. Mereka belajar untuk melakukan analisis data melalui siklus penuh proses investigasi dalam konteks ilmiah dan praktis. Mereka juga mendapatkan apresiasi mendalam terhadap struktur dan praktik manusia, sosial, dan kelembagaan yang membentuk pekerjaan teknis seputar komputasi dan data, serta pemahaman tentang bagaimana data, analitik data, pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan komputasi menembus dan membentuk kehidupan individu dan sosial kita.

Teknik Perangkat Lunak

Sebuah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk desain, analisis, verifikasi, validasi, implementasi, dan pemeliharaan sistem perangkat lunak komputer menggunakan berbagai bahasa komputer. Termasuk instruksi dalam matematika diskrit, probabilitas dan statistik, ilmu komputer, ilmu manajerial, dan aplikasi untuk sistem komputer yang kompleks.

Keamanan Sistem Informasi

Dengan spionase perusahaan dan ancaman pencurian identitas yang menghantui impian sebagian besar pemimpin bisnis, para ahli memperkirakan bidang keamanan sistem informasi yang sudah berkembang akan lebih berkembang lagi selama sepuluh tahun ke depan. Melihat urgensinya, jurusan keamanan sistem informasi bisa menjadi pilihan pertama. Di jurusan ini mahasiswanya diajarkan cara menganalisis ancaman terhadap sistem komputer, mencegah pencurian data penting, dengan hati-hati memilih perangkat lunak dan perangkat keras yang dapat melindungi informasi dan privasi.

Analisis Data

Jurusan analisis data mempersiapkan lulusan untuk menambah nilai bagi organisasi mana pun melalui pengambilan keputusan kuantitatif dari data terstruktur dan tidak terstruktur. Karena semakin banyak industri yang merangkul data besar dan analitik, keterampilan di berbagai bidang seperti ilmu data, statistik, pemrograman, pemodelan, dan penambangan data menjadi lebih penting. Melalui kombinasi kelas matematika, statistik, dan komputasi--termasuk pekerjaan langsung yang intensif dengan R, Python, dan SQL--lulusan analisis data tidak hanya akan memahami konsep dan tekniknya saja, tetapi juga akan tahu cara menerapkannya dan mengominukasikan hasilnya ke dunia bisnis modern.