*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Matematika

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Nov 2021
sumber gambar: Michigan state university
sumber gambar: Michigan state university

Beberapa siswa yang pandai matematika dan senang memecahkan masalah matematika tidak serius mempertimbangkan untuk mengambil jurusan tersebut karena mereka tidak yakin bagaimana jurusan matematika dapat berguna bagi mereka. Padahal, jurusan ini merupakan jurusan yang bisa mendekatkan mereka pada jenjang studi lebih dalam di bidang penemuan dan inovasi besar. 

Selain itu, apa saja sih keuntungan memilih matematika sebagai jurusan di bangku pendidikan tinggi? Berikut 5 alasan lainnya.

Bisa Lebih Maju

Matematika adalah disiplin penting di dunia saat ini. Ini adalah alat yang ampuh untuk memahami dunia di sekitar kita dan perspektif kita tentang isu-isu penting yang kita hadapi sebagai individu, keluarga, bisnis, dan bangsa. Matematika mengelilingi kita; kita melihat dan menggunakan keterampilan dan kemampuan matematika setiap hari—mulai dari menyeimbangkan buku cek, biro iklan, hingga dokter; dari pengecer hingga pembangun, pengacara, dan akuntan. Setiap orang membutuhkan beberapa tingkat pengetahuan matematika tertentu. Jika kamu masuk jurusan matematika? Kamu akan bisa lebih maju dari yang lainnya.

Pintu Gerbang Sains

Jurusan matematika membantu seseorang menjadi melek huruf, fasih, dan berpengetahuan luas di banyak bidang. “Memahami matematika” dapat menjadi batu sandungan atau kunci untuk memahami sains, teknik, ekonomi, dan keuangan. Matematika dapat menjadi gunung untuk mensurvei medan intelektual yang membantu menekankan problem solving masalah yang cermat, ketepatan pemikiran dan ekspresi, yang dibutuhkan untuk bekerja di banyak bidang lain.

Keterampilan Analitis

Belajar di jurusan matematika mengembangkan keterampilan analitis dan kemampuan untuk bekerja dalam lingkungan pemecahan masalah; ini adalah keterampilan dan pengalaman yang menempati peringkat tinggi dalam daftar aset mereka. Tes masuk mereka mendukung bias ini. Sebuah studi tentang skor mahasiswa pada tes masuk untuk sekolah pascasarjana dan profesional menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan matematika menerima skor yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata pada setiap tes yang dipelajari, loh!

Keep Up dengan Perkembangan Teknologi

Matematika adalah dasar dari penemuan, bahkan teknologi sekalipun. Teknologi sendiri berubah dengan cepat dan dasar dari banyak perubahan teknologi ini adalah matematika dan logika. Perubahan ini begitu cepat sehingga sulit untuk memprediksi keterampilan yang akan dibutuhkan orang di tempat kerja masa depan di tahun-tahun mendatang. Tetapi dasar yang baik dalam matematika, statistik, dan teknologi akan membuatmu cukup gesit untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi, bahkan menjadi salah satu penciptanya!

Dibutuhkan Dimana - mana

 Jumlah pilihan profesi bagi mereka yang bergelar matematika terus meningkat. Ini termasuk konsentrasi yang dirancang khusus untuk orang-orang yang tidak berniat untuk tetap berada di dunia akademis, sebagai tanggapan atas permintaan industri untuk tenaga kerja yang lebih terdidik secara matematis. Sekolah hukum dan kedokteran menerima pelamar lulusan matematika, terutama jika mereka memiliki paparan luas terhadap mata pelajaran lain. Lulusan dengan gelar sarjana dalam matematika dipekerjakan oleh banyak jenis perusahaan, teknologi tinggi dan komunikasi. Perusahaan yang secara aktif merekrut ahli matematika termasuk perusahaan teknik dan komputer, perusahaan konsultan perbankan, sains dan keuangan, serta perusahaan biomedis.