*/?>

4 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Mau Belajar Tentang Masa Lalu

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Nov 2021
Sumber gambar :the  new daily
Sumber gambar :the new daily

Pepatah yang mengatakan kalau kita bisa belajar dari masa lalu untuk memahami masa sekarang dan berkembang untuk masa depan adalah benar adanya. Masa lalu memang sepenting itu untuk kita merefleksikan diri sehingga wajar studi tentangnya bisa masuk tataran lebih serius di pendidikan tinggi. Meskipun demikian, saat bicara soal keinginan belajar tentang masa lalu, kadang kita kurang tahu banyak opsi pilihan studinya di perguruan tinggi. Dan untuk itu, bersama kuliahdimana.id, ini dia 4 jurusan untuk kamu yang mau ditarik  mesin waktu ke masa lampau!

Sejarah

Jurusan sejarah terlibat dalam eksplorasi masa lalu, bergerak melalui ruang dan waktu untuk mengembangkan pemahaman yang bernuansa masyarakat dan budaya. Pada saat yang sama, mhasiswanya akan menjadi pemikir dan penulis kritis yang mahir, kemampuan yang berguna di dalam dan di luar bidang sejarah. Jurusan sejarah mempersiapkan lulusannya untuk menjadi warga negara yang memahami kompleksitas masyarakat. Tidak seperti di beberapa kelas sejarah sekolah menengah, di mana siswa mungkin menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menghafal tanggal dan fakta, jurusan sejarah sarjana fokus pada analisis dan evaluasi.

Antropologi

Jurusan antropologi mempelajari pengalaman manusia, dari orang-orang di masa lalu hingga orang-orang di masa sekarang.  Mahasiswa jurusan antropologi nantinya akan mempelajari kemanusiaan dan memeriksa bagaimana linguistik, budaya, biologi, dan sejarah membentuk keragaman manusia. Gelar ini mempersenjatai mahasiswanya dengan pemikiran kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Mereka belajar untuk mengambil ide-ide baru dengan cepat dan mengkomunikasikan ide-ide tersebut secara efektif.  Jurusan antropologi membekali lulusanNYA untuk berbagai pekerjaan di sektor swasta dan publik.

Arkeologi

Sejarah adalah teka-teki yang terdiri dari jutaan keping berbeda -- dari bangunan hingga tulang, dari piring hingga baju besi. Terserah para arkeolog untuk menemukan potongan-potongan ini dan menyatukannya menjadi gambaran masa lalu. Mahasiswa jurusan arkeologi akan belajar lebih dari masyarakat kuno seperti Maya, Mesir, dan Yunani. Mereka jug a akan mencari jawaban atas pertanyaan dari masa lalu yang lebih baru. Misalnya menyelam di bawah air untuk mempelajari perahu sungai yang tenggelam. Secara garis besar, jurusan arkeologi akan mengajari lulusannya bagaimana cara mengodekan masa lalu agar dapat dipahami di masa sekarang.

Genealogi

Genealogi adalah studi tentang keluarga, sejarah keluarga, dan penelusuran garis keturunan mereka. Genealogists menggunakan wawancara lisan, catatan sejarah, analisis genetik, dan catatan lain untuk mendapatkan informasi tentang keluarga dan untuk menunjukkan kekerabatan dan silsilah anggotanya. Hasilnya sering ditampilkan dalam grafik atau ditulis sebagai narasi. Bidang sejarah keluarga lebih luas dari silsilah, dan mencakup tidak hanya garis keturunan tetapi juga sejarah, biografi keluarga dan komunitas. Pengejaran sejarah dan asal usul keluarga cenderung dibentuk oleh beberapa motif, termasuk keinginan untuk mengukir tempat bagi keluarga dalam gambaran sejarah yang lebih besar atau rasa tanggung jawab untuk melestarikan masa lalu untuk generasi mendatang