*/?>

Mengenal Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Nov 2021
Sumber gambar : public service degrees
Sumber gambar : public service degrees

Satu lagi jurusan langka yang jarang didengar orang: jurusan keselamatan dan kesehatan kerja. Kalau dilihat dari penamaannya, sebenarnya kita sudah bisa menebak inti utama jurusan ini, bukan? Tapi jika dijelaskan lebih dalam, mungkin juga belum banyak yang bisa menjelaskan. Oleh karena itu, tak perlu bingung sebab kuliahdimana.id akan membagikanmu beberapa informasi tambahan mengenai jurusan satu ini. Mulai dari definisi, mata kuliah sampai tugas lulusannya, yuk bedah apa itu jurusan  keselamatan dan kesehatan kerja lebih dalam!

Apa Itu Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja?

Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja mengacu pada praktik mengamati dan menganalisis lingkungan kerja untuk memastikan bahwa tempat-tempat ini aman bagi karyawan. Setiap tempat kerja, baik itu pabrik, dapur, maupun toko, memiliki potensi terjadinya kecelakaan. Mahasiswa jurusan keselamatan dan kesehatan kerja akan diajarkan untuk mengantisipasi dan mengidentifikasi potensi bahaya sehingga pemberi kerja dapat membuat perubahan yang tepat sebelum kecelakaan terjadi.

Di jurusan ini, mahasiswanya akan belajar memahami potensi bahaya di tempat kerja dapat mencakup cacat dalam desain bangunan yang dapat menyebabkan cedera fisik pada karyawan, bahaya biologis atau kimia, atau stres di tempat kerja karena terlalu banyak bekerja dan kondisi kerja yang buruk. Lalu dalam perjalanannya akan dapat mengembangkan:

  • Keterampilan menulis
  • Keterampilan presentasi lisan
  • Pemahaman teori kesehatan dan sosial
  • Pengetahuan teknologi komputer
  • Keterampilan manajemen dan kepemimpinan

Mata Kuliah Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Melansir mata kuliah dari Universitas Indonesia, berikut beberapa kelas yang bisa kamu ambil jika masuk ke jurusan keselamatan dan kesehatan kerja:

  1. Peraturan K3
  2. Sistem Manajemen K3
  3. Alat pelindung diri (APD)
  4. RK3K konstruksi
  5. Kecelakaan konstruksi dari data sekunder
  6. Sistem manajemen lingkungan
  7. K3 pekerjaan konstruksi
  8. K3 perancah
  9. K3 pekerjaan mekanikal dan elektrikal
  10. K3 sistem pemadan kebakaran
  11. Inspeksi K3 konstruksi
  12. Presentasi tugas/kunjungan lapangan
  13. Analisis kecelakaan kerja

Tugas Lulusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Profesional keselamatan dan kesehatan kerja melindungi kita dari bahaya di tempat kerja. Tugas mereka dapat mencakup apa saja mulai dari peralatan hingga budaya kerja hingga bencana alam dan banyak lagi. Banyak pekerjaan di lapangan adalah tentang pencegahan. Ketika kecelakaan benar-benar terjadi, profesional keselamatan dan kesehatan kerja menggunakan keahlian mereka untuk mengidentifikasi masalah dan mengembangkan rencana untuk mencegah kecelakaan terjadi lagi. Berkat upaya mereka, orang-orang dapat kembali ke rumah dari pekerjaan dengan sehat dan utuh, dan pengusaha dapat mengharapkan lebih sedikit kerugian akibat kecelakaan.

Profesional keselamatan dan kesehatan kerja bekerja untuk mencegah kerusakan pada properti, pekerja, publik, dan lingkungan. Mereka bertanggung jawab untuk menerapkan peraturan yang meningkatkan bangunan, peralatan, dan praktik kerja. Bekerja sama dengan banyak organisasi dan badan pengatur yang berbeda, spesialis keselamatan dan kesehatan kerja mendidik pengusaha tentang praktik kerja yang lebih sehat dan aman.