*/?>

Tips Lolos Wawancara Beasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Sep 2019
Sumber gambar: insperity.com
Sumber gambar: insperity.com

Perguruan tinggi di Indonesia sering kali memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri. Namun, tentu biayanya tidak murah sehingga biasanya, kesempatan seperti pertukaran pelajar atau summer camp dibarengi dengan bantuan beasiswa.

Sayangnya, beasiswa tidak didapatkan secara cuma-cuma, yaitu calon pertukaran pelajar harus melalui tahap seleksi. Contoh, seperti Handong Global University Korea yang hanya menyediakan kuota beasiswa keringanan biaya tempat tinggal bagi 2 mahasiswa saja. Seleksi pun dilakukan melalui tahap wawancara.

Berikut tips agar wawancara beasiswa berjalan lancar dan berhasil (gocollege.com)

Datang tepat waktu, penting untuk menunjukkan keseriusan, kemauan dan kedisplinan. Tiga hal tersebut tentu dapat menunjukkan kualitas diri,  selain itu, datang terlambat juga merupakan tanda bahwa mahasiwa kurang menghargai pewawancaranya

Berpakaian sopan, impresi awal sangat penting agar pewawancara menilai mahasiswa lebih. Berpakaianlah kemeja dengan celana panjang atau rok yang sepantasnya sehingga menimbulkan kesan kedewasaan dan profesionalitas.

Tunjukkan sikap positif, Wawancara tidak harus menjadi kegiatan yang terlalu kaku dan serius. Pembawaan diri yang santai namun profesional juga penting seperti menjabat tangan saat awal bertemu dan tersenyum ramah. Hal ini dapat mencairkan suasana dan membuat pewawancara menyukai percakapan yang dilakukan.

Kenali diri sendiri terutama kelebihan dan talenta.Tunjukkan bahwa ada potensi, keahlian serta pengalaman diri kepada pewawancara. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan bagi pewawancara untuk menilai kelebihan kandidat beasiswa. Namun jangan melebih-lebihkan. Tetap jujur dan rendah hati.

Jangan malu bertanya, kesungguhan dapat terlihat ketika kandidat beasiswa bertanya. Selipkan pula harapan tentang mendapatkan beasiswa tersebut dengan memberikan penjelasan bagaimana beasiswa tersebut dapat membuka peluang edukasi serta membantu mahasiswa mencapai cita-citanya. 

Selain tips di atas, tentu hal-hal seperti mempersiapkan diri dengan latihan dan menyiapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti “kenapa anda butuh beasiswa ini?” sangatlah penting. Latihan akan membuat jawaban dari pertanyaan yang telah diprediksi sebelumnya semakin detail. Terakhir, jangan lupa untuk terus memperhatikan pewawancara saat bicara seperti menatap matanya untuk menunjukkan rasa hormat.