*/?>

Siswa Calon Peserta SNMPTN 2022 Wajib Lakukan 3 Hal Ini

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 08 Dec 2021
Sumber gambar : detik.com
Sumber gambar : detik.com

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) baru saja melaksanaan pertemuan daring dengan tajuk "Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022" di mana mereka membahas serba-serbi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Dalam kesempatan ini, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto menyampaikan 3 hal paling wajib yang peserta SNMPTN 2022 harus perhatikan.

Tiga hal ini dimulai yang paling dasar. Yang pertama, siswa harus mempunyai akun LTMPT. Akses pembuatan akunnya akan berlangsung pada 4 Januari hingga 15 Februari 2022. Siswa dapat melakukan pendaftaran akun LTMPT di PORTAL LTMPT. Bagi yang sudah memiliki akun LTMPT sebelumnya dapat menggunakan akun LTMPT yang sama. 

Yang kedua adalah soal memperhatikan pilihan perguruan tinggi negeri (PTN). Di SNMPTN 2022, siswa dapat memilih dua porgram studi di satu atau dua PTN. Syaratnya adalah jika siswa hanya memilih satu program studi, maka ia bebas memilih PTN mana saja di seluruh Indonesia. Tetapi jika memilih dua program studi, salah satu pilihan program studi harus terafiliasi dengan PTN kota asal peserta. "Misalnya SLTA-nya di Makassar, kalau memilih dua program studi kemudian di UI semua atau satu UI dan satunya ITB, itu tidak boleh. Salah satunya harus di provinsi yang sama dengan asal sekolahnya, misalnya Unhas. Jadi dua pilihan ya Unhas dan UI," jelas Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P. Widyobroto.

*Skema satu program studi di wilayah sama dan sau program studi di wilayah mana saja di Indonesia ini hanya akan berlaku di SNMPTN 2022. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 tidak akan terpengaruh. Siswa SBMPTN diperbolehkan bebas memilih program studi apa saja di PTN mana saja.*

Terakhir, Budi P. Widyobroto menyarankan agar siswa tidak mengambil lintas minat, misal siswa IPA mengambil jurusan IPS dan sebaliknya. Hal ini penting untuk mengurangi kemungkinan gagal, kalau mengaca dari pengalaman SNMPTN tahun lalu, "Kami wanti-wanti atau memberi pesan kepada adik-adik yang dari sosial atau IPS jangan mengambil prodi IPA, karena pengalaman yang sudah-sudah banyak yang gagal," katanya.

Sementara itu, SNMPTN 2022 sudah berjadwal tetap, dari pendaftaran sekolah sampai perjalanan panjangnya ke pengumuman akhir. Untuk siswa, pendaftaran SNMPTN 2022 diperkirakan akan berlangsung pada 14 - 28 Februari 2022. Untuk pengumuman-pengumuman penting lainnya, pihak LTMPT mengingatkan untuk terus memantau website dan media sosial LTMPT.