*/?>

Ini Dia 10 Jurusan UNS berpeluang besar Untuk Kamu Peserta SNMPTN 2022!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 14 Dec 2021
Sumber gambar : myOptions
Sumber gambar : myOptions

Siapa tak kenal Universitas Sebelas Maret (UNS), salah satu universitas populer tanah air. Meskipun populer, masih ada saja jurusan-jurusan yang kurang dilirik calon mahasiswa. Bukan karena masalah kualitas, kok. Secara umum, beberapa jurusan memang lebih populer dari jurusan lainnya. Ssesuatu yang wajar dan bukan hal besar.

Terkait jumlah peminatnya yang sedikit, tahukah kamu kalau peluang masuk ke jurusan tersebut juga makin besar karena sangat sedikitnya pesaing? Apalagi di kancah besar seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SNMPTN) 2022 yang jumlah pesertanya ratus-ribuan, kamu justru bisa masuk ke jurusan-jurusan sepi peminat ini dengan lebih pasti!

Nah, tanpa berlama-lama, yuk menengok 10 jurusan sepi peminat di UNS yang mungkin menrik perhatianmu ini!

10 Jurusan UNS Sepi Peminat 2021

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D4) dengan daya tampung 23
  2. Fisika (S1) dengan daya tampung 19
  3. Biologi (S1) dengan daya tampung 2021: 18
  4. Pendidikan Fisika (S1) dengan daya tampung 16
  5. Pendidikan IPA (S1) dengan daya tampung 16
  6. Pengelolaan Hutan (S1) dengan daya tampung 2021 16
  7. Kimia (S1) dengan daya tampung 16
  8. Pendidikan Kimia (S1) dengan daya tampung 15
  9. Pendidikan Teknik Bangunan (S1) dengan daya tampung 14
  10. Pendidikan Teknik Mesin (S1) dengan daya tampung 14

Mungkin beberapa dari kalian bertanya, "apa sih bedanya jurusan Fisika dan jurusan Pendidikan Fisika?" Atau "apa bedanya jurusan Kimia dan jurusan Pendidikan Kimia?". Nah,  jurusan tanpa embel-embel pendidikan biasanya akan mengajarkan subjek materi jurusannya secara murni sedangkan di jurusan dengan embel-embel pendidikan, mahasiswanya akan diajarkan tata cara dan pengetahuan penting untuk menjadi seorang guru di bidang tersebut. 

Hampir mirip, tapi berbeda. Berbeda, tapi mirip. Meskipun demikian, keduanya unik dan punya ciri khas mata kuliah yang cukup beraneka ragam. Kalau cita0citamu masuk dunia sains murni di mana penelitian besar dilakukan, kamu lebih baik masuk ke jurusan murni sedangkan jika cita-citamu menjadi seorang pengajar yang bisa membagikan pengetahuanmu pada banyak anak di dunia, kamu bisa masuk ke jurusan yang berhubungan dengan kependidikan!

Kalau sudah jelas begini, sudah siap kah kamu memilih jurusan di UNS tahun ini?