*/?>

Dulu Cuma TPS dan TKA, Kini UTBK SBMPTN 2022 Tambah Satu Lagi Materi Tes

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 Dec 2021
Sumber gambar : kabar24
Sumber gambar : kabar24

Hal menarik dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 baru saja diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui kanal resminya. Hal menarik ini soal materi UTBK SBMPTN 2022 yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kita mengenal Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) saja. Sedangkan di UTBK SBMPTN tahun depan, jumlah tes tak hanya dua saja tetapi tiga dengan tambahan Tes Kemampuan Bahasa Inggris!. Jika dijabarkan, ketiganya akan punya deskripsi semacam ini:

  1. Tes Potensi Skolastik (TPA)
    • TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran UmumKemampuan KuantitatifPengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.
  2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris
    • Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)
    • Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut terkait materi UTBK SBMPTN 2022 yang punya format baru ini. Siswa dihimbau untuk selalu pantau informasi resmi LTMPT untuk tahu perkembangannya di laman resmi atau media sosial LTMPT. Yang terutama dan terpenting sekarang adalah segera belajar dan siapkan mental untuk kompetisi UTBK SBMPTN 2022 baru ini!