*/?>

7 Langkah Daftar UTBK SBMPTN 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Dec 2021
Sumber gambar : Siedoo
Sumber gambar : Siedoo

Menyusul Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 juga akan diselenggarakan pada tanggal 17 - 23 Mei 2022. Meskipun masih beberapa bulan ke depan, persiapannya tentu sudah harus dilakukan mulai saat ini. Apalagi kesempatannya hanya setahun sekali.

Nah, dimulai dari informasi paling dasar yang harus diketahui tentang UTBK SBMPTN 2022, secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun LTMPT
    • Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISNNPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  2. Login
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data
    • mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN
    • Melengkapi (1) Biodata, (2) Memilih Program Studi, (3) Mengunggah Portofolio, (4) Memilih Pusat UTBK PTN, dan (5) mendapatkan Slip Pembayaran
  5. Membayar di Bank
    • Pembayaran biaya dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1x24 jam.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN
    • Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK
  7. Mengikuti UTBK
    • Sesuai informasi di Kartu Peserta UTBK-SBMPTN

Kegiatan pertama, yaitu registrasi akun LTMPT akan berlangsung 14 Februari - 17 Maret 2021. Peserta masih memiliki banyak waktu sebelum Februari. Yang wajib dikonfirmasi adalah apakah sekolah sudah mulai mengurus pendataan siswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022. Peserta bisa memastikan hal ini pada sekolah asal. Rangkaian UTBK SBMPTN 2022 ini sendiri akan diperkirakan selesai pada 31 Juli 2022.