*/?>

Ini Dia 5 Hal yang Dipelajari dalam Sastra Inggris

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 Sep 2019
sumber: ACADEMIC INDONESIA
sumber: ACADEMIC INDONESIA

Sastra Inggris merupakan program studi yang berfokus pada bidang bahasa, sastra dan kebudayaan yang menggunakan bahasa inggris. Namun tak hanya belajar dari negara Inggris saja, Sastra Inggris juga membahas literatur seperti karya puisi dan teks yang berbasis bahasa inggris di seluruh dunia, misal dari Amerika, Irlandia, India, Afrika bahkan dari Indonesia sekali pun asalkan karya – karya tersebut menggunakan bahasa Inggris dan bukan hasil terjemahan semata.

Namun apa saja sih yang sebenarnya dipelajari dalam sastra inggris? Menurut, halokampus.com, secara garis besar, yang dipelajari dalam sastra inggris adalah:

  • Bahasa > Tentu saja hal paling mendasar adalah penggunaan bahasa inggris itu sendiri. ASII (Asosiasi Studi Inggris se-Indonesia) menetapkan jika skor TOEFL lulusan sastra inggris haruslah mencapai angka 513. Keahlian berbahasa pun tak hanya dalam hal membaca namun juga menulis, berbicara dan memahami bhasa inggris dengan gramatikal yang benar
  • Sejarah dan Budaya > Calon mahasiswa akan belajar bagaimana sebuah bahasa berkeliling dunia dan dipergunakan secara global. Kemudian sejarah dan budaya ini juga mencakup bangsa-bangsa yang menggunakan bahasa inggris. Istilahnya, belajar sastra inggris membuat mahasiswa memahami sastra dunia.
  • Sastra > Yaitu mengkritisi karya-karya seperti prosa, novel, puisi bahkan film atau dongeng yang berbasis bahasa inggris kemudian mencari gejala sosial dan budaya yang terdampak olehnya. Artinya, mahasiswa juga akan belajar penafsiran yang jelas akan sebuah karya dengan bingkai teori yang tepat untuk memahami suatu isu sosial
  • Linguistik > Bahasa pun dapat dipelajari dalam bentuk ilmu, yaitu Linguistik. Linguistik berurusan dengan fonologi (ilmu tentang bunyi), morfologi (ilmu tentang bentuk kata), sintaksis (ilmu tentang bentuk frasa dan klausa), semantik (makna), pragmatik (ujaran), dan macam-macam cabang lain.
  • Menerjemah > Tak hanya sekedar menerjemahkan, mahasiswa akan diajarkan teknik menerjemahkan yang baik diikuti pembelajaran akan kosakata khusus, misal kedokteran, politik, komputer, dsb agar hasil terjemahan akurat.