*/?>

10 Jurusan Teknologi Informasi Ini Punya Prospek Gaji Besar!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Dec 2021
Sumber gambar : IT Solutions
Sumber gambar : IT Solutions

Teknologi informasi, sering dijumpai sebagai akronim IT, adalah bidang yang berhubungan dengan komputasi dan transmisi sinyal melalui jaringan dan sistem komputer. Sebagai bidang yang luas, teknologi informasi mencakup banyak departemen dan posisi dengan banyak tanggung jawab. Beberapa profesional IT berurusan dengan pengumpulan, transformasi, dan pengelolaan data. Yang lain mengekstrak informasi berharga dari kumpulan data itu, dan kelompok lain berurusan dengan pemrograman, pengembangan web, infrastruktur jaringan, dan banyak hal lainnya. Semua pengetahuan, teknik, keterampilan, metode, dan proses yang digunakan profesional IT untuk membuat, menyimpan, dan mengamankan berbagai bentuk data, menjadikan bidang ini begitu kompleks.

Dari berbagai cabang posisi inilah lahir banyak profesi khusus yang kemudian bisa dijajal. 10 di antaranya masuk ke peringkat profesi yang gajinya paling tinggi di banding bidang IT lainnya. 10 profesi ini antara lain:

Peringkat Profesi Definisi
1 Big Data Engineer Big Data Engineer adalah profesional IT yang bekerja untuk membangun sistem yang dapat mengumpulkan, mengelola, dan mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan sehingga ilmuwan data dan analis bisnis dapat bekerja dengannya.
2 DevOps Engineer DevOps Engineer bertanggung jawab untuk membangun, menguji, dan memelihara infrastruktur dan alat perangkat lunak perusahaan untuk memastikan proses pengembangan perangkat lunak yang lebih sederhana dan cepat.
3 Information Systems Security Manager Information systems security manager membantu memberi saran dan membimbing klien mereka mengenai pemeriksaan dan penilaian jaringan dan kerentanan keamanan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola berbagai sistem keamanan seperti program anti-virus, firewall, enkripsi, dll.
4 Mobile App Developer Pekerjaan Mobile App Developer terutama difokuskan pada perancangan, pemrograman, pengujian, dan pemeliharaan berbagai aplikasi di perangkat seluler, tablet, atau bahkan laptop.
5 Enterprise Architect Enterprise architect bertanggung jawab atas pemeliharaan jaringan dan layanan IT klien mereka serta untuk memastikan bahwa strategi bisnis klien mereka didukung oleh arsitektur sistem teknologi yang sesuai.
6 Applications Architect Applications Architect bertanggung jawab untuk menguji, menganalisis, dan kemudian meningkatkan produk perangkat lunak dan aplikasi yang ada. Dalam kasus lain, mereka merancang, mengembangkan, dan kemudian menguji prototipe produk.
7 Data Analyst Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengatur, dan menafsirkan kumpulan data. Melalui laporan yang mereka berikan kepada manajemen, departemen lain dapat menyelesaikan berbagai masalah bisnis, keuangan, atau jaringan.
8 Data Architect Data Architect adalah profesional IT yang memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk menilai sumber data internal dan eksternal perusahaan. Selanjutnya, mereka merancang infrastruktur data yang digunakan sistem manajemen data untuk mengakses informasi.
9 Database Manager Database Manager bertanggung jawab untuk memelihara basis data dengan membuat sistem untuk penyimpanan data dan merancang prosedur pemulihan basis data dan protokol keamanan.
10 Information Security Analyst Information Security Analyst bekerja untuk melindungi jaringan komputer dari serangan siber. Mereka menangani berbagai perangkat lunak, seperti firewall, dan merencanakan langkah-langkah keamanan untuk memastikan perlindungan jaringan dan sistem komputer.