*/?>

4 Tips Tingkatkan Kemampuan Interpersonal

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Dec 2021
Sumber gambar : vantage circle
Sumber gambar : vantage circle

Pernah mendengar "It is rightly said that a smart business person is not just a businessman; he is a smart communicator too,"? Jika iya, maka komunikator di sini mengarah pada kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal sendiri mengacu pada kemampuan untuk berperilaku sedemikian rupa untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Dalam dunia bisnis, istilah tersebut mengacu pada kemampuan seorang karyawan untuk bekerja sama dengan baik dengan orang lain. Keterampilan interpersonal berkisar dari komunikasi dan mendengarkan hingga sikap dan tingkah laku.

Faktanya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa waktu yang dihabiskan manajer dan karyawan untuk bekerja secara kolaboratif telah meningkat lebih dari 50 persen dalam dua dekade terakhir. Tak hanya itu, sebuah survei mengungkapkan bahwa 60 persen pengusaha menganggap kemampuan bekerja dalam kelompok sebagai keterampilan terpenting bagi lulusan yang memasuki dunia kerja. Fakta menarik lainnya? Keterampilan interpersonal yang baik juga penting untuk kesehatan kita. Sebuah artikel 2017 di Harvard Business Review mengklaim bahwa hubungan kerja yang positif dapat membantu menghindari kelelahan, kelelahan, dan bahkan kesepian.

Mau tahu tips mengembangkan kemampuan interpersonal ini? Contek 4 tipsnya di bawah ini!

Kembangkan pandangan positif

Ajari diri untuk menjadi positif dengan mengingatkan diri sendiri setiap hari tentang hal-hal baik tentang hidup dan pekerjaanmu. Jika kamu kesal tentang masalah pribadi, kesampingkan perasaan itu sampai setelah bekerja. Jika kamu stres tentang masalah pekerjaan, carilah hal positif dalam situasi tersebut dan cobalah untuk mengembangkannya. Dengan begini, emosimu tak akan menghalangi performa kerjamu.

Latih empati

Berempati berarti kamu mampu mengidentifikasi dan memahami emosi orang lain, misal membayangkan diri berada di posisi orang lain. Memahami bagaimana perasaan orang lain akan membantumu mengomunikasikan pemikiran dan idemu dengan cara yang masuk akal bagi orang lain dan membantumu memahami orang lain saat mereka berkomunikasi juga.

Berlatih mendengarkan secara aktif.

Dalam artikel allBusiness “Ten Ways to Improve Your Interpersonal Skills,”, disarankan untuk berlatih mendengarkan secara aktif. Kamu dapat melakukan ini dengan mempertahankan kontak mata dengan pembicara, menganggukkan kepala, dan mengulangi apa yang dia katakan dengan kata-katamu sendiri. Pembicara akan merasa dihormati dan kamu mungkin dapat mengingat percakapan dengan lebih mudah setelahnya.

Bersikaplah tegas.

Menurut artikel HelpGuide.org “Effective Communication: Improving Communication Skills in Your Work and Personal Relationships,” penting untuk bersikap tegas. Percaya diri dengan kemampuan dan pendapatmu sendiri, dan jangan takut untuk mengungkapkan kebutuhan, serta batasanmu.