*/?>

Beda SNMPTN dan SBMPTN ?

Pendidikan
Reporter : Danni M, 05 Jan 2022
Logo SNMPTN dan SBMPTN (unsil.ac.id)
Logo SNMPTN dan SBMPTN (unsil.ac.id)

Kadang pusing juga beda SNMPTN dan SBMPTN, sebuah singkatan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri era sekarang di Indonesia. Mana hurufnya cuma beda satu doang. Singkatan yang pertama menggunakan huruf N dan yang kedua menggunakan huruf B pada huruf keduanya. Lalu apa bedanya?

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. N huruf kedua dari singkatan tersebut adalah Nasional. Jalur SNMPTN ini para peserta tidak perlu mengikuti ujian tertulis. Kinerja selama di sekolah sangat diperhitungkan. SNMPTN memperhitungkan nilai rapor atau prestasi selama sekolah termasuk yang non akademik sebagai nilai tes ujian masuk.SNMPTN sering juga disebut sebagai jalur undangan dan seleksinya berdasarkan prestasi akademik dari siswa yang bersangkutan. Sebelumnya SNMPTN ini mirip dengan jalur PMDK, bukan singkatan dari Pendekatan Mulu Dapat Kagak, yak, tapi singkatan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan. SNMPTN biasanya didaftarkan oleh guru BK sekolah, calon peserta hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jadi, B huruf kedua dari singkatan tersebut adalah "Bersama". Baik SNMPTN atau SBMPTN keduanya merupakan jalur sebagai cara untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri.Nah, untuk SBMPTN harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Nilai dari hasil UTBK yang menentukan. UTBK dibuat dan dilaksanakan oleh LTMPT kepanjangan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. LTMPT menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Untuk generasi sebelumnya SBMPTN ini mirip dengan SPMB, UMPTN, atau bahkan Sipenmaru.

Semoga paham ya, para generasi penerus. Selalu semangat untuk belajar