*/?>

Masuk Era Metaverse, 5 Profesi ini Akan Makin Dicari

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Dec 2021
Sumber gambar : metaverse
Sumber gambar : metaverse

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, maka manusia akan makin terhubung dengan dunia virtual; dan dengan makin terhubungnya kita dengan dunia virtual ini maka pada suatu titik manusia akan sampai pada era Metaverse. Metaverse adalah jaringan dunia virtual 3D yang berfokus pada koneksi sosial. Dalam futurisme dan fiksi ilmiah, istilah ini sering digambarkan sebagai iterasi hipotetis internet sebagai dunia maya tunggal universal yang difasilitasi oleh penggunaan headset realitas virtual dan augmented.

Yup, pada suatu titik itu nantinya, banyak profesi yang akan makin dicari pula mengetahui permintaan akan para ahli teknologi yang makin tinggi oleh berbagai perusahaan besar. Jadi bagi para generasi muda yang belum yakin mau menapak kemana, bisa dulu membaca artikel ini agar tahu apa yang dunia akan butuhkan dan cari di masa depan!

Product Manager

Manajer produk Metaverse akan bertanggung jawab untuk memasarkan produk pengalaman sosial di Virtual Reality (VR). VR memiliki potensi untuk meningkatkan kehadiran jarak jauh dan koneksi manusia di semua bidang. Mereka akan terlibat dalam fase pemasaran produk dan strategi, serta menginformasikan mitra internal tentang pemasaran keluar. Manajer produk terutama memperhatikan pemahaman sudut pandang pengguna, mengumpulkan umpan balik, dan memanfaatkan peluang yang tepat.

Cyber Security

Mereka yang bekerja di bidang ini akan bertugas untuk menerapkan teknologi, proses, dan kontrol untuk melindungi sistem, jaringan, program, perangkat, dan data dari serangan dunia maya. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi yang tidak sah. Profesi ini menjadi penting karena serangan dunia maya terus berkembang, dengan penyerang menggunakan berbagai taktik yang terus berkembang. Ini termasuk rekayasa sosial, malware, dan ransomware.

Construction Engineer

Mereka memeriksa gambar dan desain proyek, mengelola jadwal dan sumber daya proyek, dan melakukan perhitungan biaya. Mereka adalah anggota kunci dari setiap proyek besar, yang harus memiliki keterampilan analitis yang kuat dan pandai bekerja dengan tim besar. Rekomendasi jurusan kuliah untuk bergelut di profesi ini antara lain: Graphic Design/ Communication Design 3D Design/ Animation.

NFT Strategist 

Dengan begitu banyak bisnis beralih ke crypto atau NFT inovatif, akan ada permintaan besar untuk Ahli Strategi NFT. Ahli strategi NFT perlu mengetahui semua yang perlu diketahui tentang teknologi blockchain dan membuat konsep dan program NFT untuk mendorong keterlibatan audiens. Mereka harus melakukan analisis tren industri untuk memberikan wawasan dan peluang strategis yang dapat ditindaklanjuti. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menarik, mereka harus menyusun strategi yang menggabungkan konsep NFT, gamification, implementasi taktis, dan desain.

 Blockchain Developer

Pengembang Blockchain membantu perusahaan dengan implementasi dan pembuatan blockchain digital. Mereka idealnya harus berkolaborasi pada platform blockchain untuk merancang, mengimplementasikan, menguji, menyebarkan, dan mengelola sistem perangkat lunak. Mereka harus berpengalaman dalam alat pemrograman dan memahami ekosistem yang terdesentralisasi. Mereka harus memiliki pengalaman sebelumnya dalam penskalaan sistem hibrida, penerapan dan pemeliharaan kontrak, serta beberapa pengetahuan tentang arsitektur dan desain solusi blockchain.